Ekonomi Global Melambat, Pasar Keuangan Membaik

oleh
Ekonomi global

Ekonomi global saat ini pertumbuhannya bisa dikatakan melambat. Kebalikan dari itu, berkurangnya ketidakpastian di pasar keuangan justru membuat pasar keuangan tersebut membaik.

Menurut IGP Wira Kusuma, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, keadaan ini berbalik dari tahun 2018 lalu. Dimotori oleh pertumbuhan ekonomi AS, tahun lalu pertumbuhan ekonomi global mencapai hasil yang tinggi yakni mencapai 3,7 persen.

Pasar keuangan global, pada saat yang sama mengalami ketidakpastian karena bank sentral Amerika Serikat menaikkan suku bunga acuan atau Fed Rund Rate (FFR), sampai empat kali lipat.

Baca Juga: KPR Milenial! Kredit Rumah Untuk Kaum Milenial

Ia mengatakan bahwa terjadi perubahan dinamika ekonomi global dari tahun kemarin dengan tahun sekarang. Hal ini menyebabkan terbaginya sektor perekonomian menjadi dua sektor yang besar, yaitu sektor keuangan dan sektor riil.

Ia juga menambahkan bahwa pelemahan pertumbuhan ekonomi di dua negara dengan perekonomian terbesar, Amerika dan China, juga menjadi penyebab melambatnya ekonomi global.

World Economic Outlook menurunkan proyesi ekonomi global sebanyak 0,2 persen dari proyeksi semula 3,7 persen menjadi 3,5 persen. Ini diakibatkan karena menurunnya pertumbuhan ekonomi di Amerika dan China.

Amerika hanya mampu tumbuh sampai 2,5 persen sedang China hanya mampu mencapai 6,2 persen dari target 6,4 persen. Selain kedua negara tersebut, target ekonomi di Eropa juga turun dari 1,9 persen menjadi 1,6 persen saja.

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *