Ekonomi Rendah Karbon Digencarkan, BRI Danai Mobil Listrik

oleh
Ekonomi rendah karbon

Ekonomi rendah karbon saat ini tengah dicanangkan betul-betul oleh pemerintah. Karena hal itulah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen penuh untuk mendukung program ini. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan turut memfasilitasi pendanaan kendaraan emisi karbon rendah (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV).

Seperti diketahui bersama, kendaraan ini merupakan kendaraan ramah lingkungan yang sangat menunjang program ekonomi rendah karbon. Salah satu jenis kendaraan tersebut adalah mobil listrik. Dalam hal ini, BRI memberi fasilitas melalui Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI.

Peluncuran program ini dilaksanakan dalam acara KKB BRI Green Environment yang digelar di Jakarta pada Senin, 15 April kemarin. BRI menggandeng BMW, Nissan, Mercedes Benz, Mitsubishi, serta Agen Pemegang Merek (APM) yang lain. APM ini sudah memproduksi dan siap menjual kendaraan listrik untuk mendukung program ekonomi rendah karbon di Indonesia.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengatakan bahwa pendanaan tersebut merupakan upaya BRI untuk mendukung green environment. Salah satu dari upaya ini adalah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, dengan cara menggunakan kendaraan listrik.

BRI Dukung Ekonomi rendah karbon

Hal ini memang sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia sendiri. Pemerintah memang berencana untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sampai 29 persen secara mandiri, dan 41 persen dari bantuan internasional. Upaya ini seharusnya akan berhasil di tahun 2030 nanti.

Sedangkan, salah satu roadmap pengembangan kendaraan bermotor nasional yakni dengan mengembangkan mobil listrik tersebut. Di tahun 2025 nanti, pemerintah menargetkan kendaraan LCEV yaitu kendaraan listrik sudah bisa diproduksi oleh Indonesia sampai 20 persen. Hal ini akan berpengaruh besar pada program ekonomi rendah karbon.

Handayani juga mengatakan bahwa Bank BRI melihat data tersebut sebagai sebuah peluang yang besar, juga menjadi bisnis yang potensial. Karena itu, BRI telah bergerak ke arah tersebut dengan meluncurkan fasilitas pembiayaan mobil listrik.

Sebagai informasi, di tahun 2018 lalu BRI berhasil menyalurkan KKB BRI sampai dengan Rp3,7 triliun atau tumbuh sebanyak 39,27 persen yoy. Pada tahun ini, BRI kembali mencoba peluang dalam program ekonomi rendah karbon tersebut. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *