in ,

Ekspor Tanaman Hias! BNI Dorong Permodalan UMKM

Ekspor tanaman hias

WARTABANK.COM, Jakarta – Ekspor tanaman hias berbagai jenis khas Indonesia resmi dilepas menuju sejumlah negara.

Pelepasan ekspor tanaman hias ini dilakukan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo di Jungle Fest, Bogor, Kamis (06/05).

Pelepasan ini menjadi bukti bahwa budidaya florikultura marupakan sektor usaha yang menjanjikan di tengah pandemi yang masih terjadi.

Terlebih Indonesia memiliki berbagai tanaman hias yang sangat khas yang diminati hampir oleh seluruh negara.

Ekspor tanaman hias kali ini berasal dari 25 perusahaan eksportir menuju 28 negara yang ada di Benua Asia, Eropa, hingga Amerika.

Dengan terbukanya akses ekspor tanaman hias ini, maka posisi tawar bagi para petani tanaman tersebut akan semakin kuat.

Maka dalam peresmian ini, Menko Airlangga Hartarto dan Syahrul Limpo juga secara simbolis menyerahkan KUR BNI kepada 100 petani binaan CV Minaqu.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan, ekspor tanaman hias ini merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung sektor florikultura dan hortikultura.

Hal ini juga sangat penting dilakukan karena ekspor komoditas unggulan akan menjadi sebagai sumber devisa bagi negara.

“Saat ini tanaman tropis pasarnya cukup baik. Ini tentu memberi peluang bagi para pelaku usaha di Indonesia dalam mengembangkan tanaman hias tropis untuk menembus pangsa pasar yang tinggi,” kata Syahrul.

BNI Dorong Ekspor Tanaman Hias

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menyampaikan, pihaknya siap mendukung permodalan para petani tanaman hias melalui Kredit Usaha Rakyat.

KUR BNI akan turut membangun ekosistem pertanian tanaman hias dengan membentuk jaringan serta pendampingan terhadap UMKM dan koperasi di sektor tersebut.

“Pendampingan dan pemberdayaan terus kami jalankan bagi para petani. Kami juga mengaktifkan agen laku pandai dalam menjalankan transaksi keuangan untuk pelaku usaha,” ucap Sis Apik.

Hal ini sesuai dengan upaya BNI dalam memperluas dukungannya kepada sektor UMKM di berbagai bidang agar dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya.

Kali ini, BNI mendukung pengembangan usaha tanaman hias agar bisa mengakses permodalam melalui KUR.

Menurut Sis Apik, hal ini menjadi terobosan baru dari perbankan yang berdampak pada penambahan nilai produk dengan mewujudkan ekspor tanaman hias ke puluhan negara.

“Para petani bisa mendapat nilai tambah yang lebih besar jika produknya bisa tembus pasar global. Tentunya itu akan turut membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Pihak BNI pun berharap kerja sama ini bisa terus ditingkatkan sehingga usaha tanaman hias bisa menjadi salah satu produk unggulan ekspor dan semakin diminati pasar internasional.

Hal senada disampaikan Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil dan Program BNI Bambang Setyatmojo.

Menurutnya, Bank BNI tetap giat mendorong UMKM untuk dapat melakukan ekspor produk agar usahanya semakin bertumbuh dan mendukung PEN.

Hingga saat ini, realisasi KUR di sektor pertanian dari BNI sudah mencapai Rp 2,7 triliun yang disalurkan kepada lebih dari 67 ribu pelaku UMKM. []

Written by Eko Prasetyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mobile Banking bank bjb

Mobile Banking bank bjb Masuk 10 Terbaik Nasional

Kantor Cabang BNI

Kantor Cabang BNI Dipastikan Bakal Banyak Ditutup!