in , , ,

Fintech Syariah Ammana Gandeng Bank Muamalat

Fintech Syariah Ammana

Fintech Syariah Ammana sebagai perusahaan teknologi finansial berbasis syariah belum lama ini menandatangani nota perjanjian kerja sama dengan Bank Muamalat.

Fintech Syariah Ammana yang bergerak dalam bidang Peer to Peer (P2P) lending, yaitu pelayanan pembiayaan proyek. Dalam aplikasinya, Fintech menghubungkan pemberi biaya (lender) dengan penerima biaya (borrower) atau peminjam biaya. Sedikit berbeda dengan fintech lain, perusahaan ini bergerak dengan mempertimbangkan kehalalannya dalam Islam.

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Ammana Fintech Syariah. Perjanjian ditandatangani oleh Chief Executive Ofiicer (CEO) Bank Muamalat, Ahmad K. Permana dan Luthfi Adhiayansyah sebagai CEO sekaligus Founder Asmmana Fintech, di Muamalat Tower, Jakarta, 15 April 2019.

Dalam kerja sama, Bank Muamalat sebagai Bank Syariah di Indonesia bertindak sebagai escrow atau agen rekening penampung bagi Ammana. Lebih detail disebutkan bahwa Bank Muamalat bertindak memberi virtual acoount dan cash management system, selain sebagai escrow. Bank Muamalat juga bertugas memastikan bahwa dana yang diberikan pada nasabah disalurkan sesuai alokasi.

Menurut Permana, kerja sama ini mengatasi masalah investasi syariah yang sering menjadi kendala di bank umum. Jenis investasi yang pasarnya besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia dan angka menunjukkan penetrasi investasi syariah masih rendah.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Permana juga menuturkan bahwa kolabarasi Bank Muamalat dengan Fintech Syariah Ammana menunjukkan hubungan yang sangat baik. Kedua perusahaan dapat tumbuh bersama di era digital. Diharapkan, inklusi keuangan syariah lebih luas.

Fintech Syariah Ammana Pertama di Indonesia

Fintech Syariah Ammana sendiri merupakan perusahaan investasi berformat syariah pertama di Indonesia. Perusahaan berharap, dengan ini masyarakat muslim Indonesia dapat berkontribusi sosial melalui wakaf, infak, dan sedekah dan investasi dalam memajukan pelaku keuangan mikro dan usaha kecil menengah (UMKM).

Luthfi dalam kesempatan yang sama menjelaskan, kerja sama merupakan implementasi program Bank Muamalat dalam pemanfaatan teknologi pembiayaan. Sementara bagi Fintech Syariah Ammana akan memperkuat dan mengoptimalkan perusahaan.

Luthfi mengatakan pula bahwa kerja sama fintech syariah Amnana yang dipimpinnya dengan Bank Muamalat akan mendukung proses kemitraan antara keluarga besar Bank Muamalat dan nasabahnya. Keluarga besar yang tentunya ingin mendukung UMKM halal di Indonesia. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Halal park

Halal Park Pusat Gaya Hidup Halal

Ekonomi rendah karbon

Ekonomi Rendah Karbon Digencarkan, BRI Danai Mobil Listrik