Fungsi Bank Indonesia: Simak 6 Fungsinya Di sini!

oleh
Fungsi Bank Indonesia

Fungsi Bank Indonesia, pada dasarnya memang sebagai bank sentral yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia itu sendiri. Hanya saja, berdasarkan fungsi yang dimilikinya, terdapat beberapa perbedaan antara Bank Indonesia dengan bank pada umumnya. Bank umum biasanya memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan uang sekaligus memberikan pinjaman. Lalu, apakah yang menjadi fungsi Bank Indonesia? Simak di bawah ini!

Menentukan dan Melaksanakannya Kebijakan Moneter

Sebagai bank sentral, fungsi Bank Indonesia salah satunya adalah menjaga stabilitas moneter dan sistem keuangan. Bank Indonesia menjalankan tugas dengan menetapkan serta melaksanakan kebijakan moneter dalam rangka mencapai dan memelihara nilai rupiah agar tetap stabil.

Sebagai otoritas moneter, fungsi Bank Indonesia harus mengontrol jumlah peredaran uang di dalam sebuah negara. Misalnya, jika terjadi kenaikan inflasi maka Bank Indonesia wajib mengambil tindakan agar kenaikan dapat dihindarkan.

Mengatur serta Melakukan Pengawasan Aktivitas Perbankan

Fungsi Bank Indonesia berikutnya adalah menjadi aktivitas perbankan agar lebih sehat. Misalnya dengan melakukan pengawasan, sekaligus membuat regulasi agar tidak terjadi kecurangan. Itu sebabnya, Bank Indonesia menerapkan disiplin pasar dan penegakan hukum yang tegas.

Memastikan Sistem Pembayaran Agar Lancar

Dalam sistem pembayaran, terkadang ada kemungkinan risiko yang muncul tidak terduga. Di sinilah kemudian yang menjadi salah satu fungsi Bank Indonesia yang wajib mencegah agar risiko tidak terjadi. Maka, Bank Indonesia harus mengatur mekanisme sistem dari pembayaran yang berlaku yang dilakukan oleh lembaga keuangan.

Memantau dan Melakukan Riset

Agar stabilitas keuangan terjaga, Bank Indonesia wajib melindungi dengan cara mengetahui informasi yang dapat membahayakan kinerja pasar keuangan. Hal ini juga merupakan salah satu fungsi Bank Indonesia.

Wadah Penyimpanan Kas Negara

Fungsi berikutnya dari Bank Indonesia adalah berperan sebagai tempat untuk menyimpan kas negara. Untuk menjalankan fungsi ini BI harus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

Membantu Bank Lepas Dari Krisis

Terkadang dalam perjalanannya, bank bisa saja mengalami krisis yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Maka, Bank Indonesia wajib memberikan bantuan kepada bank tersebut berupa memberikan pinjaman baik jangka panjang atau pendek. Tujuan pemberian pinjaman ini, agar bank tersebut dapat mengatasi krisis yang mereka hadapi. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *