Holding BUMN Perbankan Dipastikan Rampung Mei 2019

oleh
Holding BUMN Perbankan

Holding BUMN Perbankan disebut akan rampung pada Mei 2019 mendatang. Adapun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Menteri BUMN rini Soemarno memastikan jika proses holding BUMN Perbankan masih terus berlanjut.

“Saya berharap pada bulan mei 2019 proses pembentukan holding ini akan selesai,” ujarnya.

Baca Juga: KUR BNI 2019 Mudah, Hanya Ini Syaratnya

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo, saat ini pihak-pihak yang bersangkutan sedang menyiapkan kelengkapan persyaratan.

Lebih lanjut Gatot menyebut jika Kementerian BUMNtengah mengkaji bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan serta Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan.

“Untuk proses holding BUMN Perbankan masih dalam proses. Agar nantinya setelah dibentuk dapat berjalan seperti yang kita harapkan,” ungkap Gatot.

Sisi positif dari terbentuknya holding BUMN Perbankan, sebut Gatot yaitu efisiensi biaya serta permodalan.

Sebagai contoh, PT Bank Tabungan Nasional Tbk / BTN yang memiliki captive market pada sektor perumahan nantinya tidak harus mendapatkan suntikan modal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Jadi dana APBN bisa digunakan untuk program-program yang bersifat krusial khususnya untuk kepnetingan rakyat. Dan apabila holding BUMN Perbankan sudah terbentuk maka kemungkinan BTN akan mendapatkan suntikan modal dari perusahaan holding tersebut,” imbuh Gatot.

Sementara itu pada 2030 diproyeksikan Indonesia akan mendapatkan tambahan sebanyak 70 juta jiwa milenial yang mengartikan bahwa kebutuhan hunian akan semakin tinggi.

Baca Juga: Tagihan IndiHome Kini Bisa Dibayar Di Bank Himbara

Oleh karena itu, upaya membesarkan BTN melalui holding BUMN Perbankan menjadi agenda penting. Karena jika tidak ada upaya membesarkan BTN maka backlog dipastikan akan semakin panjang.

Sebagai informasi tambahan bahwa holding BUMN Perbankan akan disi oleh 8 anggota holding keuangan. Antara lain yaitu terdiri dari 4 bank BUMN, kemudian perusahaan aset manajemen unit (AMU) dari Pegadiaan, Bahana, PNM (Permodalan Nasional Madani) dan perusahaan sistem pembayaran Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *