in , ,

IFC Investasi di Obligasi Hijau OCBC NISP US$150 juta

International Finance Corporation

International Finance Corporation (IFC) sebagai anggota grup Bank Dunia, berkomitmen dengan nilai US$150 juta berbentuk obligasi hijau yang diterbitkan bank swasta di Indonesia PT Bank OCBC NISP.

IFC mengklaim instrumen ini merupakan obligasi hijau pertama yang diterbitkan bank komersial di Indonesia. Intinya, surat utang ini memberikan sumber pendanaan berbasis lingkungan dengan tujuan menahan perubahan iklim.

Obligasi hijau yang diterbitkan dengan jangka waktu 5 tahun ini akan mendukung proyek cerdas iklim yang didanai OCBC. Tak hanya itu, dana juga digunakan untuk mendukung prioritas pemerintah dalam meraih pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan berkontribusi pada target pemerintah terkait pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030.

“Ini menjadi tonggak bersejarah penting bagi sektor perbankan nasional, dan diharapkan mengkatalisasi pertumbuhan pasar obligasi hijau di Indonesia,” ujar Philippe Le Houérou, Direktur Eksekutif IFC, dalam keterangan persnya.

Philippe mengklaim pihaknya juga sedang berdiskusi dengan pelaku industri lain yang ingin menyediakan dukungan investasi untuk membantu pembangunan produk pendanaan berbasis lingkungan tersebut.

IFC memperkirakan peluang potensial di Indonesia untuk obligasi hijau mencapai US$274 miliar sampai tahun 2030.

Investasi IFC di Bank OCBC NISP juga akan membantu menciptakan kelas aset baru untuk menyalurkan pendanaan jangka panjang dan melawan perubahan Iklim. Bank Dunia memperkirakan di akhir abad ini perubahan iklim akan merugikan Indonesia mencapai 7% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengatakan instrumen obligasi hijau hanya langkah awal dari upaya bank untuk membantu nasabah menjalankan bisnis berbasis lingkungan yang berkelanjutan.

Intinya, OCBC dan IFC berkolaborasi dan mencari solusi untuk memperluas peluang agar investasi swasta mendorong sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

J Trust Bank

J Trust Bank dan DAM Corp Kerja Sama Luncurkan Uang Elektronik

Lembaga Penjamin Simpanan

LPS Tetapkan Suku Bunga Penjaminan 6,25 Persen