in ,

IPO Bank Sumut Siap Lepas Saham 20 Persen

IPO Bank Sumut

WARTABANK.COM, Jakarta – IPO Bank Sumut yang sedianya diagendakan pada tahun lalu tampaknya baru akan terealisasi di tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Syahdan Ridwan, dampak pandemic Covid-19 merupakan alasan mengapa realisasi IPO Bank Sumut tertunda.

Lebih lanjut Syahdan mengatakan jika rencana IPO Bank Sumut ini telah masuk dalam rencana bisnis bank (RBB) pada tahun ini.

“Rencananya kami akan melepas saham sekitar 20 persen. Target dana sendiri kami masih menunggu hasil Rapat Umum Pemegang Saham / RUPS,” ujarnya.

Dalam rencana IPO Bank Sumut, saat ini perseroan tengah melakukan pengkajian dalam pemilihan advisory sebagi pendamping dalam pelaksanaan IPO tersebut.

“Setelah proses ini selesai, baru akan ada proses sosialisasi kepada calon investero,” tambah Syahdan.

Syahdan menyebut per triwulan III tahun 2021, perseroan mencatatkan modal inti yang dimiliki yaitu sebesar Rp3,32 triliun.

Dimana pemegang sahamnya yaitu sebesar 47,13 persen dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, dan sisanya atau sebesar 52,87 persen dimiliki oleh pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sumatra Utara.

Seperti diketahui jika pada tahun ini sektor perbankan akan banyak terjun ke lantai bursa dengan melakukan initial public offering (IPO).

Hal ini lantaran hingga akhir tahun 2021 bank umum yang dituntut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus memiliki modal inti minimal sebesar Rp2 triliun.

Adapun jumlah bank berkategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II jumlahnya masih sangat banyak.

Namun ada beberapa bank daerah yang telah memiliki modal di atas Rp2 triliun namun memang sudah lama ingin menlantai bursa karena ingin memperbesar ekspansinya, salah satunya Bank Sumut.

“IPO Bank Sumut sendiri diharapkan akan berjalan sesuai dengan harapan dan mampu meningkatkan kinerja perseroan jauh lebih baik,” tutup Syahdan.

Chriestian

Written by Chriestian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Restrukturisasi kredit perbankan

Restrukturisasi Kredit Perbankan, ini Catatan OJK!

CIMB Niaga Finance

CIMB Niaga Finance Terus Tekan NPF