in ,

Kinerja Gemilang bank bjb di Tengah Pandemi

Kinerja gemilang

WARTABANK.COM, Jakarta – Kinerja gemilang berhasil dilesatkan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk, atau bank bjb. Bank yang dinahkodai oleh Yuddy Renaldi sebagai Direktur Utama ini berhasil membukukan laba Rp1,7 triliun sepanjang tahun 2020 lalu.

Raihan laba bank bjb tersebut mengalami kenaikan sebesar 8 persen (year on year / yoy). Meskipun terbilang tidak tumbuh secara double digit, namun patut diacungi jempol bank bjb yang berhasil mendorong kinerjanya meskipun tekanan Covid-19 begitu berat dirasakan industri.

Kinerja gemilang juga dicatatkan dari perolehan aset yang tumbuh sebesar 14,1 persen atau menjadi Rp140,9 triliun.

Sementara itu dari sisi kinerja kredit yang merupakan profit driver bank berkode saham BJBR ini berhasil tumbuh 9,1% menjadi Rp95,2 triliun.

Sementara rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) mampu terjaga dengan baik pada level 1,4 persen atau mengalami penurunan 18 basis poin dan berada di bawah rata-rata industri yaitu 3,06 persen.

Kinerja gemilang tersebut juga terjadi pada dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil tumbuh 19,1 persen yaitu sebesar Rp106,5 triliun.

Untuk diketahui bahwa catatan tersebut merupakan pertumbuhan di atas rata-rata industri perbankan nasional ataupun kelompok Bank Pembangunan Daerah atau BPD.

Menurut Yuddy Renaldi, kinerja gemilang bank bjb berhasil diraih karena bisnis model bank bjb yang resilient dan serta perusahaan yang semakin adaptive dan lincah sehingga bank bjb mampu berada pada pada jalur yang positif sesuai harapan.

“Tahun ini menjadi momentum penuh tantangan! Krisis kesehatan dan ekonomi memberikan tekanan yang sangat besar kepada seluruh industri tidak terkecuali perbankan nasional. Bank bjb senantiasa solid pada akhirnya mampu melalaui ‘tes tahan uji’ ini dengan hasil kinerja gemilang.” Pungkas Yuddy.

Bank bjb, lanjut Yuddy, terus berinovasi khususnya pada teknologi dimana bank bjb mampu dengan cepat merespon kebutuhan pasar sehingga semakin memberikan kemudahan bagi para nasabah.

Adapun bank bjb pada tahun lalu hingga kini berhasil meluncurkan sejumlah inovasi layanan digital perbankan, antara lain yaitu, (1) Uang elektronik, (2) Mobil Platform, (3) aplikasi kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), dan (4) Aplikasi bjb Laku (Layanan Akses kredit UMKM).

Sementara itu, inovasi di luar produk perbankan bank bjb berhasil meluncurkan sistem lelang E-Procurement dan adopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Payment.

“Kami juga telah meluncurkan platform bjb DiSentra (Digital Sistem Edukasi dan Interaksi) sebagai wadah interaksi, konsultasi, edukasi, serta pemasaran jual beli produk UMKM binaan kami secara digital,” pungkas Yuddy. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Muamalat

Bank Muamalat Bakal Dapat Suntikan Modal

Laba bersih

Laba Bersih BTN Teratas di antara 10 Bank Terbesar