in , , , , ,

KPR SYARIAH INILAH PLUS MINUSNYA

KPR SYARIAH

KPR SYARIAH perlahan mulai banyak menjadi pilihan masyarakat yang ingin melakukan kredit rumah atau lebih akrab dengan sebutan KPR. Namun apakah skema KPR ini lebih baik dari pada KPR konvensional? Skema apa yang membedakannya? Apa saja plus minusnya?

Seperti kita tahu bahwa KPR Konvensional memiliki skema cicilan yang kerap berubah-ubah menyesuaikan dengan aturan acuan suku bunga yang tetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Bila suku bunga rendah maka akan lebih menguntungkan debitur, namun sebaliknya apabila suku bunga tinggi maka cicilan pun menjadi bengkak.

Hal ini tentu berbeda dengan KPR SYARIAH, dimana skema tersebut menawarkan cicilan dengan nilai yang relatif sama setiap bulannya (fixed). Hal tersebut mengacu kepada fungsi syariah itu sendiri yang menerapkan sistem bagi hasil terhadap nasabah.

BACA JUGA: SYARAT KUR BRI, SNGAT MUDAH!

Inilah yang mendorong nasabah lebih memilih skema KPR berbasis syariah lantaran dengan skema tersebut nasabah lebih mudah mengontrol sisi keuangan setiap bulannya. Selain itu, risiko terjadinya kredit macet (non performing loan / NPL) pun bisa diminimalisi dengan sangat baik.

KPR SYARIAH VS KPR KONVENSIONAL

Prinsip dasar yang harus diketahui bahwa terjadi perbedaan yang jelas antara KPR berbasis syariah dan KPR Konvensional. Dalam syariah yang ditransaksikan yaitu berupa properti atau rumah. Sementara dalam KPR Konvensional yang ditransaksikan justru adalah uang dan bukan properti atau rumah.

Dalam transaksi KPR SYARIAH seolah perbankan syariah membeli properti atau rumah sesuai dengan keinginan nasabah untuk kemudian dijual kepada nasabah tersebut dengan skema pembayaran yang dicicil. Meskipun tidak mengenakan bunga tetapi perbankan syaraih justru mengambil keuntungan dari harga jual rumah tersebut.

Sebagai contoh, nasabah yang membeli rumah dengan harga Rp400 juta kemudian perbankan syariah mematok keuntungan Rp100 juta. Maka biaya yang harus dicicil oleh nasabah tersebut selama masa tenor yaitu sebesar Rp500 juta setelah dikurangi jumlah uang muka.

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SYARAT KUR BRI

SYARAT KUR BRI, SANGAT MUDAH!

Kredit Agribisnis

Kredit Agribisnis BRI Terus Didorong