Kredit Agribisnis BRI Terus Didorong

oleh
Kredit Agribisnis

Kredit Agribisnis menjadi segmen kredit yang akan di dorong kinerjanya oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk / BRI di tahun 2019.

Adanya kenaikan suku bunga acuang sejak 2018 silam dipastikan mengatrol bunga kredit, tetapi kenaikan tersebut tidak terlalu berdampak terhadap segmen Kredit Agribisnis BRI. Hal tersebut terjadi karena BRI terus mendorong sektor KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang berbunga 7 persen per tahun.

BACA JUGA: SYARAT KUR BRI, SANGAT MUDAH!

Untuk mendorong segmen Kredit Agribisnis, BRI akan melakukan sejumlah terobosan di tahun ini, salah satunya dengan langkah sinergi dengan pihak yang dianggap strategis.

Bank pelat merah tersebut membidik kerjasama strategis dengan perhimpunan petani, seperti yang belum lama ini dilakukan dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) untuk Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Menurut Direktur Utama BRI Suprajarto pihaknya akan mendorong pertumbuhan Kredit Agribisnis. BRI, imbuhnya, memiliki target melalui kerjasama yang terjalin antara BRI dengan HKTI akan mampu memenuhi target 60 persen penyaluran KUR kepada sektor yang produktif.

“Dari total KUR BRI tahun lalu yang sebesar Rp80,2 triliun, 43 persennya sudah terserap untuk sektor produktif dan tahun ini BRI membidik penyaluran KUR sebesar Rp86,97 triliun,” ujarnya.

4 Juta Petani HKTI

Lebih lanjut Suprajarto mengatakan jika HKTI mempunyai market bisnis yang sangat luas karena jumlah anggotanya mencapai 4 juta petani yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: DIRUT PEGADAIAN PULANG LAGI KE BRI

“Bisa dibayangkan jika sejumlah 4 juta petani diberikan Kredit Agribisnis dengan plafon sebesar Rp20 juta saya kira akan menjadi potensi yang sangat besar sekali. Terlebih jika pemasukan petani bertambah maka secara otomatis spend nya akan lebih besar, cash management pun juga akan besar,” paparnya.

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *