in

Kredit Bank Jateng Melaju di Tengah Pandemi

Kredit Bank Jateng

WARTABANK.COM, Jakarta – Kredit Bank Jateng / PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah berhasil tercatat positif dimana sampai dengan triwulan III 2020 penyalurannya tumbuh sebesar Rp50,4 triliun atau naik 3,9 persen (YoY).

Kredit Bank Jateng tersebut diproyeksikan akan terus bertahan pada angka tersebut bahkan mampu melampaui seiring adanya penempatan dana pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp2 triliun.

Menurut Direktur Bisnis Ritel dan UUS Bank Jateng, Hanawijaya, segmen konsumer serta segmen ritel dan UMKM menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan kredit Bank Jateng.

Dimana masing-masing tumbuh tumbuh sebesar 7,76 persen dan 6,74 persen. Sementara untuk segmen korporasi dan komersial hanya tumbuh 2,04 persen YoY.

Tahun ini, imbuh Hana, Bank Jateng fokus terhadap segmen UMKM. Dimana dengan perolehan kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini sebesar Rp2,32 triliun menjadi langkah tepat sehingga segmen ritel dan UMKM perseroan tidak anjlok

“Kami berharap dengan adanya dana PEN, sektor ritel bisa didorong hingga akhir tahun 2020, serta mendongkrak pertumbuhan kredit Bank Jateng sampai dengan kuartal IV 2020,” jelas Hana.

Adapun penempatan dana PEN yang sebesar Rp2 triliun di Bank Jateng, tambah Hana, sudah cair Rp698 miliar.

“Sisa Rp1,3 triliun terus kami optimalkan untuk mendorong kredit Bank Jateng,” ujarnya.

Namun demikian, Bank Jateng hanya dapat memaksimalkan pertumbuhan di segmen konsumer lebih dari 3,9 persen. Hal ini lantaran adanya kredit proyek yang akan jatuh tempo sampai dengan Desember.

Sampai dengan 26 Oktober 2020 kredit Bank Jateng telah tersalurkan sebesar Rp4,63 triliun sebagai leverage dana PEN yang ditempatkan pemerintah pada perseroan. []

Gunadi Witjaksono

Written by Gunadi Witjaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Libur cuti bersama

Libur Cuti Bersama, Bank Mandiri Tetap Beroperasi

gaji

9 TIPS KELOLA GAJI! SENYUM TERUS SAMPE AKHIR BULAN