in , ,

Kredit Bank Tetap Tumbuh Meskipun Bunga Acuan BI Sentuh 7 persen

Bunga Acuan BI

Meskipun bunga acuan BI (Bank Indonesia) menyentuh level 7 persen, namun kredit perbankna diprediksi akan tetap tumbuh. Menurut Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah, tren peningkatan suku bunga hingga akhir 2019 tidak membuat angka pertumbuhan kredit perbankan surut.

“Penyaluran kredit perbankan masih bisa tumbuh double digit meskipun suku bunga acuan BI capai 7 persen,” ujar Piter.

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun Bi menaikan suku bunga pada 6,75-7 persen sekalipun, tidak akan mengganggu penyaluran kredit perbankan pada tahun 2019.

Karena menurutnya, kredit perbankan tidak terpengaruh oleh suku bunga acuan BI. Faktor utamanya, lanjut Piter, adanya permintaan market yang terus meningkat hingga tahun 2019.

“Kredit itu yang banyak berpengaruh justru permintaan kredit itu sendiri lantaran pengaruh harga komoditas,” terang Piter yang juga memprediksi angka pertumbuhan kredit 2019 sebesar 11-12 persen.

Penyaluran kredit perbankan, imbuh Piter, dinilai lebih baik dari tahun 2011 namun lebih menurun pada 2018, sehingga pertumbuhan kredit tahun 2019 diproyeksikan berada pada angka 11-12 persen. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kredit Properti Bank Mandiri

Sampai Oktober, Kredit Properti Bank Mandiri Telah Tersalur Rp42 Triliun

Perbankan Indonesia

Sri Mulyani: “Perbankan Indonesia Tahan Banting”