Survei BI: Tahun ini Kredit Diproyeksikan Tumbuh 11,7%

oleh

Sepanjang tahun 2018 penyaluran kredit perbankan diproyeksikan oleh Bank Indonesia (BI) akan tumbuh mencapai 11,7% (year on year / y-o-y). pertumbuhan tersebut lebih rendah dibanding hasil survei BI di Kuartal IV/2017 yaitu sebesar 11,8% (y-o-y).

Meskipun cenderung lebih melambat, tetapi pertumbuhan kredit berdasarkan hasil survei pada Kuartal I/2018 tersebut lebih tinggi apabila dibanding dengan realisasi pertumbuhan kredit pada tahun 2017 lalu yang hanya sebesar 8,2% (y-o-y).

Perbankan sangat optimis akan pertumbuhan kredit di tahun 2018. Dalam survei tersebut, responden perbankan mengaku tahun ini pertumbuhan kinerja perbankan akan lebih baik dari tahun lalu terutama dari pertumbuhan kredit.

Hal tersebut didorong oleh kondisi makro ekonomi yang jauh lebih cerah dibanding tahun lalu. selain itu penurunan suku bunga dan penurunan risiko dalam penyaluran kredit (NPL) juga menjadi salah satu faktor yang kuat dalam optimisme tersebut.

Sementara itu, dari sisi pertumbuhan DPK (Dana Pihak Ketiga) tahun 2018 diproyeksikan tetap akan menguat dari tahun sebelumnya. Adapun hal tersebut tercermin dari SBT (Saldo Bersih Tertimbang) perkiraan penghimpunan DPK tahun 2018 yang sebesar 955%, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni 903%.

Perkiraan menguatnya pertumbuhan DPK tersebut terutama didorong oleh suku bunga dana yang masih menarik, peningkatan pelayanan bank kepada nasabah, dan rencana pemberian insentif untuk menarik minat nasabah. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *