in ,

Kredit Menganggur Perbankan Masih Tinggi, Capai Rp1,700 Triliun!

Kredit menganggur

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kredit menganggur atau undisbursed loan bank umum secara nasional masih cukup besar nilainya.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah kredit menganggur ini mencapai 1.702,8 triliun pada kuartal III (September) 2021.
Jumlah itu meningkat 2,8 persen secara tahunan (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar Rp1.655 triliun.

Jika dilihat dari statistic, penarikan atau pencairan kredtir yang dilakukan nasabah terhadap fasilitas kredit dari perbankan sebenarnya sudah mulai naik.

Hal itu didukung dengan aktivitas ekonomi masyarakat yang semakin membaik setelah kasus penularan covid-19 dapat ditekan, namun jumlah kredit menganggur sangat besar.

Kredit menganggur itu terdiri dari kredit yang belum ditarik dalam bentuk commited sebesar Rp433,3 triliun dan dalam bentuk un-comitted Rp1.269,4 triliun.

Aestika Oryza Gunarto Sekretaris Perusahaan BRI mengatakan di Bank BRI sendiri sudah terjadi peningkatan penarikan fasilitas kredit oleh nasabahnya.

Pada Oktober lalu, kredit menganggur di BRI sebesarRp101 triliun dan sudah apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni Rp130,94 triliun.

“Karena pandemi covid-19 di akhir tahun ini mulai reda, maka berdampak pada peningkatan penyaluran kredit. Saat ini aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat juga sudah mulai menggeliat lagi yang berdampak pada permintaan kredit yang meningkat,” ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Optimis Terserap

Aestika mengatakan, pihaknya optimis penyaluran kredit di tahun 2022 akan lebih baik lagi dari tahun ini, dengan proyeksi pertumbuhan di kisaran 8 hingga 10 persen.
Sementara PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga optimistis penyaluran dan pencairan kredit kepada nasabah akan meningkat di tahun depan.

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom mengatakan, hal tersebut tidak terlepas dari mulai pulihnya permintaan atas kredit di berbagai segmen.

Bahkan menurut Mucharom, hasil survey Bank Indonesia menyebut penyaluran kredit baru di triwulan IV tahun ini akan terus meningkat.

“Berdasarkan data dari survey itu, kami yakin akan lebih maksimal penyaluran kreditdi tahun depan, karena kinerja perekonomian sudah membaik dengan penanganan Covid -19 di semua wilayah,” ujarnya.

Kredit menganggur adalah istilah jika debitur sudah punya alur pembiayaan berdasarkan termin, ketika waktunya belum tiba maka kreditnya belum ditarik. []

Written by Eko Prasetyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pembiayaan sindikasi

Pembiayaan Sindikasi Perbankan Terus Dipacu

Penutupan bank

Penutupan Bank Tercatat 117 Bank Sejak 2005!