Kredit Perbankan Kinclong Meski Ekonomi Global Melambat

oleh
Kredit perbankan

Kredit perbankan diproyeksikan masih akan mengalami pertumbuhan hingga akhir tahun 2019 bahkan hingga tahun 2020. Kredit perbankan diprediksi Bank Indonesia (BI) masih akan tumbuh mencapai double digit.

Meskipun dihadapi perlambatan ekonomi global BI optimis kinerja kredit akan tetap terjaga dan relative mengalami pertumbuhan yang positif hingga akhir tahun 2019 dan berlanjut hingga tahun 2020.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjarnako kredit perbankan pertumbuhannya hingga akhir tahun 2019 berada pada kisaran 10-12 persen (year on year). Kemudian untuk tahun 2020 pertumbuhannya diproyeksikan mencapai 11-13 persen.

Onny menyebut jika konsumsi nasional akan tetap mengalami pertumbuhan karena hal ini ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Indonesia, sebut Onny, mampu terbebas dari tahun 2008-2009 karena adanya penguatan dari konsumsi rumah tangga tersebut

Konsumsi rumah tangga, imbuhnya, tetap mengalami pertumbuhan yang relatif stabil. Hal ini didukung dengan adanya penyaluran berbagai bantuan sosial pemerintah meskipun konsumsi swasta tumbuh terbatas.

“Konsumsi kita sangat baik tetapi tidak strong, karena pertumbuhan ekonomi kita didorong pengeluaran konsumsi rumah tangga yang masih bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut Onny juga menekankan jika perlambatan ekonomi global dapat berdampak buruk bagi Indonesia. Oleh karenanya Babnk Central saat ini tengah mengantisipasi perlambatan ekonomi global.

Caranya yakni memberikan stimulus dengan melonggarkan kebijakan moneter, seperti penurunan suku bunga yang diikuti perbankan dan pelonggaran Rasio Loan to Value atau Financing to Value.

Menurutnya kebijakan yang digodok BI dan pemerintah diyakini dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi RI sehingga berada di bawah titik tengah kisaran 5,0 persen hingga 5,4 persen ada 2019 dan meningkat menuju titik tengah kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen di tahun 2020. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *