Kredit Perbankan Masuk Kategori Berisiko Tinggi!

oleh

Risiko kredit perbankan yang tercatat mengalami kenaikan menjadi indikator bahwa kredit perbankan masuk dalam kategori berisiko. Hal tersebut menjadi ada pada kategori NPL (Non Performing Loan) yang juga memiliki special mention (kredit yang menunggak antara 1 bulan-3 bulan) ditambah kredit yang direstrukturisasi.

DataOJK menyebut bahwa rasio kredit bermasalah (NPL) perbankan yang ditambah dengan kredit dalam special mention tercatat mencapai 8,47% pada Kuartal I tahun 2018 atau setara dengan nominal sebesar Rp266 Triliun per Maret 2018 atau tumbuh 16%.

Bank BNI mencatat terjadinya penurunan rasio credit at risk, dimana bank BUMN tersebut pada Kuartal I/2018 mencatat sebesar 9,8% atau mengalami perbaikan dibandingkan Kuartal sama tahun sebelumnya yang berada pada posisi 11,9%.

Menurut Wakil Direktur Utama BNI, Herry Sidharta, perbaikan tersebut terjadi karena adanya perbaikan kualitas kredit BNI.

“Ditunjukan adanya perbaikan kredit macet serta turunnya restrukturisasi kredit yang masuk dalam special mention,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa perbaikan credit at risk BNI secara umum terjadi hampir di seluruh segmen. Segmen korporasi menjadi pendorong utama dalam perbaikan tersebut.

“Kuartal II tahun 2018 kami optimis dapat menjaga credit at risk agar lebih stabil lagi,” terangnya.

Sementara itu, menurut Direktur Bisnis Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk, Frans Alimhamzah, credit at risk CIMB Niaga pada semua sector dalam keadaan membaik. Untuk sektor yang dianggap memiliki mempunyai volatilitas tinggi seperti komoditas akan dikurangi.

Pun demikian dengan yang dikatakan oleh Presiden Direktur PT Bank Mayapada Internasional Tbk, Haryono Tjahjarijadi. Menurutnya Bank Mayapada mengalami perbaikan credit at risk serupa meskipun bisa dikatakan perbaikan tersebut belum signifikan.

“Hampir seluruh sektro berisiko, tetapi yang terpenting risiko tersebut mampu terjaga dengan baik,” tutupnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *