in

KUR Pariwisata Bank Mandiri Dioptimalkan, Tembus Rp4,79 Triliun

KUR Pariwisata

WARTABANK.COM, Jakarta – KUR Pariwisata dari Bank Mandiri terus dioptimalkan untuk mendukung upaya pemerintah menjaga momentum pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Pasalnya, sektor pariwisata menjadi salah bidang yang paling terdampak buruk akibat pandemi Covid-19.

Padahal banyak pelaku UMKM yang bergantung di sektor wisata, sehingga Bank Mandiri menilai sektor ini perlu mendapat prioritas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Rudi As Aturridha selaku Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, mengatakan para pelaku UMKM yang terdampak pandemi perlu mendapatkan perlakuan khusus.

Sehingga UMKM bisa bertahan bahkan bangkit dengan melakukan penyesuain proses bisnisnya, dan hal itu siap didukung oleh Mandiri melalui penyaluran KUR Pariwisata.

“Untuk menjaga keberlangsungan hidup pelaku UMKM kami siap mendukung dengan pemberian kredit melalui pembiayaan bersubsidi dalam skema KUR atau perlakuan khusus berupa restrukturisasi,” Rudi dalam keterangan resminya, Jumat (17/12/2021).

Rudi menjelaskan penyaluran KUR pariwisata adalah bentuk komitmen Bank Mandiri untuk memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif dan akan meningkatkan daya saing UMKM.

Sepanjang tahun 2021 (Januari-November) Bank BUMN ini telah menyalurkan KUR pariwisata sebesar Rp4,79 triliun kepada 44 ribu pelaku UMKM.

Bentuk usaha yang mendapat pembiayaan KUR Pariwisata ini sangat beragam, mulai dari usaha kerajinan souvenir, penyediaan akomodasi, usaha makanan oleh-oleh khas, warung makan, kafe, hingga jasa transportasi.

“Saat ini perekonomian masyarakat sudah mulai membaik, dan kita harapkan tren ini akan terus meningkat, sehingga memberikan dampak positif pada sektor usaha lainnya,” kata dia.

Pihak Bank Mandiri juga berharap seiring dengan mulai pulihnya perekonomian, akan mendorong persaingan yang sehat dan kualitas layanan yang diberikan UMKM juga meningkat.

“Selain menyalurkan KUR Pariwisata, kami juga tetap memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha dalam pengelolaan usahanya dan meningkatkan penjualan,” jelasnya.

Total KUR Bank Mandiri

Untuk diketahui, total dana KUR yang sudah disalurkan Bank Mandiri hingga November lalu sudah mencapai Rp33,68 triliun.

Total penerima KUR mencapai 353 ribu pelaku usaha, dengan realisasi mencapai 96,24 persen dari total target penyaluran di tahun 2021 sebesar Rp35 triliun.

Sejauh ini penyaluran KUR tersebut masih didominasi sektor produksi dengan nilai menembus Rp19,69 triliun, pertanian Rp9,62 triliun dan jasa produksi Rp6,66 triliun.

“Untuk sektor industri pengolahan juga masih punya peluang besar untuk tumbuh, maka kami akan terus mempercepat penyaluran KUR dalam bulan Desember ini. Upaya yang kita lakukan yakni mengoptimalkan aplikasi Mandiri Pintar dan juga meningkatkan peran kantor cabang di semua wilayah,” tandasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bank kecil

Bank Kecil Butuh Modal, Ini Kata OJK!

Pinjaman MekarinAja

Pinjaman MekarinAja Bank Sampoerna Dorong Kredit UMKM