Kursi Dirut BTN dan Bank Mandiri Masih Kosong!

oleh
kursi dirut

Kursi Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk hingga saat ini masih mengalami kekosongan. Adapun tugas Dirut kedua bank pelat merah ini sementara waktu dikerjakan oleh Pelaksana Tugas (Plt).

BTN bisa terbilang lama mengalami kekosongan, dimana sejak Agustus 2019 lalu BTN tidak lagi dipimpin oleh Maryono usai dibebastugaskan oleh Rini Soemarno (Menteri BUMN pada waktu itu).

Kemudian Rini mengistruksikan Dirut BRI pada waktu itu Suprajarto untuk menjadi Dirut BTN menggantikan Maryono. Namun tawaran tersebut ditolak Suprajarto dan lebih memilih untuk pensiun.

Sejak itu BTN hanya dijabat oleh Oni Febriarto sebagai Plt Direktur utama sekaligus merangkap sebagai Direktur Komersial BTN.

Untuk mengisi kekosongan kursi Dirut, BTN kemudian berencana melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 18 Oktober 2019 dengan agenda utama menetapkan Direktur Utama. Namun rencana tersebut kandas usai instruksi penundaan oleh Kementerian BUMN melalui surat yang dilayangkan pada 15 Oktober 2019.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Jasa Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo tersebut berisi penundaan RUPSLB paling lambat sampai 27 November 2019.

Namun demikian bank BUMN yang bercaptive market pada penyaluran KPR tersebut memutuskan untuk menggelar RUPSLB pada 11 November 2019 mendatang.

Hal yang sama dialami oleh Bank Mandiri yang kini dipimpin oleh PLT Direktur utama yang dijabat oleh Wakil Direktur utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto. Kursi Dirut Bank Mandiri yang kosong tersebut lantaran Dirut sebelumnya Kartika Wirdjoatmojo memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo untuk mendampingi Erick Thohir sebagai Wakil Menteri BUMN. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *