in , ,

Laba Bank Mandiri Tumbuh 21,2 Persen

Laba Bank Mandiri

Laba Bank Mandiri sepanjang tahun kinerja 2018 tercatat mencapai Rp25 triliun atau mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dibanding periode tahun lalu.

Adapun laba Bank Mandiri tumbuh 21,2 persen (year on year) dibandingkan laba yang dikantongi pada tahun 2017.

Terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi perolehan laba Bank Mandiri tersebut antara lain yaitu kinerja pada pertumbuhan bunga bersih atau NII (nett interst margin).

Bank Mandiri mencatat pendapatan bunga bersih sepanjang tahun 2018 tumbuh sebesar 5,28 persen atau menjadi Rp57,3 triliun. Selain itu, terdapat faktor lain yang mempengaruhi tumbuhnya laba Bank Mandiri yaitu kenaikan fee based income.

Kenaikan fee based income pada tahun 2018 tercatat tumbuh sebesar 20,1 persen atau menjadi 28,4 triliun.

Dalam pemaparan kinerja keuangannya, Direktur Keuangan Mandiri Panji Irawan juga mengatakan jika Bank Mandiri senantiasa melakukan fungsi intermediasi perbankan dengan sangat baik.

Hal ini tercermin dari keberhasilan Bank mandiri dalam penyaluran kredit sepanjantg tahun lalu yang mencapai Rp820,1 triliun atau tumbuh 12,4 persen (year on year).

Namun pertumbuhan kinerja tersebut tidak diikuti oleh pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang diakui oleh Panji tumbuh sangat tipis yaitu hanay 3,1 persen atau senilai Rp840,9 triliun.

Meskipun pertumbuhan DPK sangat rendah tetapi dari sisi sustainabilitas mengalami perbaikan yang positif. Hal tersebut tergambar dari level balance DPK yang mengalami pertumbuhan sebesar 7,2%.

“Hal tersebut sejalan dengan strategi kami yang terus mendorong pertumbuhan DPK agar berkelanjutan dengan baik ke depannya,” tutup Panji. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis UMKM

Bisnis UMKM BNI Kinclong

OCBC NISP

OCBC NISP: Laba 2018 Tumbuh 21 Persen