in ,

Layanan Ditingkatkan, BTN Gandeng IFG

Layanan

WARTABANK.COM, Jakarta – Layanan BTN (Bank Tabungan Negara) kini dioptimalkan dengan menggandeng BUMN Indonesia Financial Group (IFG).

PT BTN (Persero) Tbk dan IFG resmi berkolaborasi dalam membangun bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak serta mengoptimalisasi ekosistem layanan BTN kepada para nasabah.

Kolaborasi kedua perusahaan keuangan milik negara ini disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Menurutnya, dengan sinergitas ini, membuat layanan BTN akan semakin baik dan tidak perlu membangun sebuah grup seperti Bank BRI dan Mandiri.

Karena dengan kolaborasi ini, keduanya bisa melakukan transformasi dan inovasi bisnis untuk kemudian memberikan layanan yang lebih beragam kepada nasabah.

Terlebih kolaborasi ini juga sesuai langkah yang dijalankan Kementerian BUMN yaitu inovasi, konsolidasi, transformasi, dan restrukturisasi.

“Dengan kerjasama ini layanan BTN akan lebih optimal, sedangkan bagi IFG, kolaborasi ini juga menjadi momentum yang positif untuk lebih memperkenalkan perusahaannya sebagai holding maupun anggota holding,” kata Tiko dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (15/4/2021).

Ia meyakini, kolaborasi ini juga akan membangun sebuah bisnis model yang baik dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Sementara Robertus Billitea selaku Direktur Utama IFG mengatakan, tahun pertama sejak IFG sebagai holding terbentuk memang fokus pada pembenahan di internal.

Mulai dari restrukturisasi sampai penguatan tata kelola perusahaan dan risk management.

Dengan kesempatan kerjasama BTN, pihaknya akan signifikan masuk ke wilayah pengembangan bisnis.

“Melalui kolaborasi ini, kami berharap bisa masuk ke pasar perbankan secara lebih agresif,” kata Robertus.

Sedangkan Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo menilai, pihaknya punya potensi dan keunggulan layanan BTN di sektor pembiayaan perumahan.
Maka pihaknya siap menghadapi tantangan dan peluang ke depan dengan berbagai strategi, salah satunya dengan IFG.

“Kerja ini akan melengkapi layanan BTN, karena IFG menyediakan berbagai produk keuangan non perbankan. Seperti asuransi jiwa, asuransi umum, dan investasi,” ungkapnya.

Ia pun berharap kolaborasi BTN dan IFG akan membentuk suatu ekosistem produk dan layanan yang lengkap guna meningkatkan potensi bisnis perbankan.

Adapun produk yang bisa dikerjasamakan antara kedua belah pihak di antaranya Mortgage-Backed Securities, retail bond, produk bagi treasury BTN, Asian Bond Fund, advisory, dan bancassurance. []

Atik Masloman

Written by Atik Masloman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BNI KCLN Seoul

BNI KCLN Seoul Bukukan Laba Bersih Tumbuh 73,9 Persen

Citibank Indonesia

Citibank Indonesia Tutup Bisnis Ritel, Ini Kata OJK!