Layanan QR Code Juga Diinginkan Bank Daerah

oleh
Layanan QR Code

Layanan QR Code atau Quick Responses Code yang merupakan layanan perbankan di era digital juga menjadi target inovasi dari sejumlah Bank Pembangunan Daerah atau BPD.

Seperti diketahui bahwa layanan QR code kini menjadi andalan bagi sejumlah perbankan besar untuk bisa bersaing dalam financial technology atau fintech. BPD pun tidak ingin kalah dalam bersaing, mereka menginginkan layanan tersebut bisa digunakan oleh seluruh nasabahnya.

Sebut saja Bank Sumsel Babel yang tidak akan lama lagi akan memiliki layanan QR Code bernama Lapaku. Layanan tersbeut sejatinya telah tersedia pada aplikasi mobile banking Bank Sumsel babel, namun belum bisa beroperasi lantaran masih harus menunggu izin dari Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Nasabah pensiun Jadi Incaran BPD

“Meskipun aplikasi mobile banking sudah bisa digunakan dan terdapat layanan QR Code di dalam aplikasi tersbeut, tapi belum bisa digunakan karena berbeda proses perizinannya di BI,” ujar Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel, Antonius Prabowo Argo.

Dengan adanya layanan tersebut, Bank Sumsel Babel menargetkan pertumbuhan jumlah nasabah sebanyak 12 persen pada tahun ini. dengan demikian diproyeksikan akan mendongkrak pertumbuhan fee based income sebesar 13,5 persen.

“Untuk belanja teknologi kami anggarkan sebesar Rp102,2 miliar tahun ini,” ujarnya.

Sama sementara itu Bank Jatim pun telah melakukan langkah yang sama, dimana bank berkode saham BJTM tersebut telah mempersiapkannya pada sejak tahun 2018 lalu. Adapun layanan QR Code bank jatim telah disetujui oleh BI hanya tinggal menunggu proses ujicoba saja sebelum diresmikan pada Agustus Mendatanga bertepatan dengan HUT bank jatim. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *