in ,

Lembaga Dana Pensiun dibubarkan OJK, ini Daftarnya!

Lembaga Dana Pensiun

WARTABANK.COM, Jakarta – Lembaga Dana Pensiun mulai banyak dibubarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setidaknya hingga periode April-Mei 2021 sudah ada tiga nama yang dibubarkan.

Ketiga nama tersebut adalah Dana Pensiun Pfizer Indonesia, ana Pensiun Pegawasi RS Budi Kemuliaan dan Dana Pensiun Unggul Indah Cahaya.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Anggar Budhi Nuraini, langkah OJK sudah sejalan dengan Keputusan Dewan Komisioner.

“Pembubaran tersebut berdasarkan permohonan dari pendiri lembaga dana pensiun tersebut untuk efektifitas dan efisiensi,” jelas Anggar dalam keterangan resminya (03/05).

Kemudian setelah itu, lanjut Anggar, OJK memproses likuidasi sesuai dengan ketentuan Peraturan OJK nomor 9/POJK.05/2014 tentang Pembubaran dan Likuidasi Dana Pensiun.

“Kami imbau seluruh nasabah lembaga dana pensiun untuk tetap tenang diri, karena dana yang mereka simpan pada lembaga yang dibubarkan akan dialihkan ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK),” imbuh Anggar.

Data OJK mencatat setidaknya hingga periode Maret 2021 ada sekitar 214 pemain dana pensiun.

Dimana jumlahnya terus mengalami penurunan dibandingkan periode sama tahun lalau yang mencapai 219 pemain.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Bambang Sri Muljadi, terdapat sejumlah faktor berkurangnya pemain pada lembaga dana pensiun.

Salah satunya yaitu kesulitan secara finansial dalam menambah iuran para pesertanya. Karena, imbuhya, para pemain rata-rata merupakan kelas kecil. []

Written by Gunadi Witjaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kantor Cabang BNI

Kantor Cabang BNI Dipastikan Bakal Banyak Ditutup!

Tugu Insurance

Tugu Insurance sebar dividen Rp92,8 miliar