Libur Lebaran Layanan Perbankan Tetap Beroperasi

oleh
Libur lebaran

Libur lebaran telah membuat bank-bank bersiaga untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Bukan hanya untuk menyediakan uang tunai, tetapi cabang-cabang dari bank tersebut juga akan tetap beroperasi dan memenuhi transaksi nasabah yang ada.

Berdasarkan pernyataan dari Direktur Informasi Teknologi dan Jariangan PT Bank Negara Indonesia Tbk, Dadang Setiabudi, BNI telah menyediakan dana sebesar Rp21,6 triliun untuk memenuhi ketersediaan libur lebaran, terutama pada puncak libur Idul FItri nanti.

Dadang berujar, “Ada sekitar Rp14,3 triliun yang telah dipersiapkan oleh BNI setiap minggunya, atau rata-rata setiap harinya ada Rp2,04 triliun yang telah disiapkan sejak tanggal 6 Mei 2019 hingga 8 Juni 2019. Dan untuk kebutuhan puncak libur lebaran sendiri, yaitu antara tanggal 27 Mei sampai dengan 2 Juni 2019, telah disiapkan dana Rp21,6 triliun.”

Dadang menambahkan, pada tanggal 5 Juni 2019, dipastikan outlet-outlet resmi BNI tidak akan beroperasi sebagaimana biasanya. Namun ada beberapa titik outlet khusus yang telah ditempatkan di 90 titik lokasi jalur mudik dan beberapa jalur strategis akan tetap beroperasi. Tercatat ada 68 outlet operasional terbatas, 79 outlet weekend banking, 14 outlet digital branch, dan 74 O-Branch.

Selain itu, selama libur lebaran ini, 117.415 Agen46 BNI, yaitu Laku Pandai perseroan, juga akan tetap melayani kebutuhan konsumen dan transaksi nasabah. Ditambah dengan ATM dan channel elektronik, juga akan bisa diakses oleh masyarakat selama 24 jam.

Untuk bank BUMN yang lain, yakni Bank Mandiri, juga telah melakukan persiapan yang serupa. Sepanjang libur lebaran ini, pihak Mandiri telah menyiapkan dana sebesar Rp54.9 triliun.

Berdasarkan pernyataan Direktur Bisnis dan Jaringan Herry Gunardi mengatakan, “Pihak kami telah menyiapkan dana tunai Rp54,9 triliun. Dalam artian, setiap harinya rata-rata dana yang disiapkan ada sekitar Rp1,9 triliun. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk isi ATM sebanyak 80 persen, dan 20 persen digunakan untuk transaksi di cabang.”

Herry juga mengatakan, selama libur lebaran, akan ada 355 kantor cabang yang akan tetap beroperasi di titik jalur mudik yang strategis. Dan untuk perseroan Bank Mandiri pun, telah melakukan pembelian dan pengisian ulang e-money di beberapa titik tol Trans Jawa.

Bank Swasta Beroperasi Selama Libur Lebaran

Untuk bank swasta, seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk, tidak luput untuk memberikan pelayanan yang optimal selama masa libur lebaran. Bahkan untuk perseroan pihak mereka, telah melakukan persiapan jauh-jauh hari, karena merupakan hal rutin yang terjadi setiap tahunnya.

Direktur Konsumer CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, “Kesiapan Bank CIMB Niaga menyambut libur lebaran telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Persiapan ini meliputi kesiapan ATM, EDC, call center, dan penukaran uang. Untuk wilayah jakarta, telah dipersiapkan mobil kas yang akan ditempatkan di Monas, Jakarta agar masyarakat dapat melakukan penukaran uang.” []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *