Libur Lebaran, Setor Tunai Bank ke BI Meningkat

oleh

Bank Indonesia (BI) Mencatat transaksi setor tunai yang dilakukan nasabah perbankan mengalami kenaikan selama periode lebaran tahun ini. Adapun data Bank Mandiri mencatat setoran yang paling besar dilakukan Indomaret dan SPBU Pertamina.

SEVP Chief Technology Officer Bank Mandiri, Joseph Georgino Godong mengatakan bahwa sebagian setoran nasabah Bank Mandiri tersebut sebagian akan disimpan di Bank Indonesia yang mayoritas berbentuk tabungan dan giro.

“Sebagian akan disimpan di BI dalam bentuk tabungan dan giro,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dana yang diteruskan kepada BI merupakan hal yang wajar selama masa libur Lebaran. Menurutnya dana setor pada Lebaran tahun ini mengalami kenaikan meskipun libur Lebaran belum sepenuhnya selesai.

“Akan terus bertambah seiring libur yang belum usai,” terangnya.

Ini terjadi karena siklus pada periode sebelum libur Lebaran banyak nasabah melakukan penarikan tunai. Kemudian dana tersebut dibelanjakan lagi selama fase Lebaran.

“Untuk beli bensin dan membeli barang-barang keperluan di Indomaret,” pungkasnya.

Demikian pula yang dialami BCA. Menurut President Director BCA, Jahja Setiaatmadja, tahun ini setoran bank ke BI mengalami kenaikan. Adapun kenaikan tersebut, lanjutnya, terjadi dari tahun ke tahun.

“Sebagian dari tabungan dan giro,” ujarnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *