in ,

Literasi Keuangan Bank Syariah Ditingkatkan, Ini Langkah BSI

Literasi keuangan

WARTABANK.COM, Jakarta – Literasi keuangan sistem perbankan syariah di dalam negeri terus ditingkatkan agar pengetahuan masyarakat semakin terbuka.

Pasalnya hingga saat ini tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia masih lebih rendah jika dibandingkan sistem keuangan bank konvensional.

Untuk itu, PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI selaku gabungan dari berbagai bank syariah milik negara berkomitmen meningkatkan literasi keuangan bank syariah tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Direktur 2 BSI, Abdullah Firman Wibowo dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/6/2021).

Ia mengatakan, bank syariah terbesar di Indonesia itu telah meluncurkan program literasi ekonomi syariah guna mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda.

Dalam program literasi keuangan ini, BSI menggandeng sejumlah pihak, mulai dari asosiasi hingga perguruan tinggi.

Seperti KNEKS, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, dan Lembaga nirlaba Syafieq NU serta 21 universitas yang ada di Indonesia.

Dalam kerjasama ini kemudian diadakan untuk melakukan edukasi melalui seminar, kuliah umum, pengadaan kurikulum, dan program pelatihan.

“Sejumlah pihak kami gandeng untuk menggelar berbagai kegiatan. Kita harapkan seminar, kuliah umum hingga pelatihan ini bisa berlanjut sampai akhir tahun 2021 ini. dengan begitu literasi keuangan bank syariah dan pengetahuan warga tentang bank syariah akan meningkat,” ungkapnya.

Dengan literasi keuangan ini, Abdullah Firman berharap jumlah masyarakat yang akan menggunakan transaksi di perbankan syariah juga akan meningkat.

Selain melalui kerjasamaini, BSI memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) di internal perusahaan perseroan untuk mengedukasi masyarakat secara langsung.

Dengan banyaknya kantor cabang BSI yang tersebar di berbagai daerah, perseroan yakin, program literasi keuangan syariah oleh karyawan akan sangat besar manfaatnya.

“SDM yang ada di Bank Syariah Indonesia bisa melakukan edukasi secara langsung kepada warga masyarakat yang ada di sekitar kantor. Ini kan jangkauan cukup luas, tentu dampaknya juga sangat besar menggenjot literasi keuangan syariah secara organik,” ungkapnya.

Untuk itu, ia juga meminta agar seluruh Karyawan BSI bisa menjalin sinergi dan kerja sama dengan berbagai lembaga dan institusi di daerah setempat.

Sehingga bisa melakukan berbagai kegiatan berupa public lecture, webinar, dan program magang. []

Written by Gunadi Witjaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Biaya ATM Link

Biaya ATM Link Ditunda, Himbara: “Akan Disosialisasikan”

Penyaluran kredit BTN

Penyaluran Kredit BTN Ditingkatkan, Bakal Rencana Rights Issue Saham?