in , , ,

LPS Tetapkan Suku Bunga Penjaminan 6,25 Persen

Lembaga Penjamin Simpanan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan suku bunga penjaminan untuk simpanan di bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat saat ini dengan level tetap atau tak berubah dari tingkat bunga penjaminan sebelumnya.

Suku bunga penjaminan di bank umum dalam rupiah ditetapkan 6,25%, sedangkan suku valuta asing (valas) di bank umum 1,5%. Adapun, simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat 8,75%.

“Tingkat bunga itu ditetapkan setelah evaluasi, dan berlaku untuk periode 18 Juli 2018 sampai dengan 17 September 2018,” demikian diungkapkan Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho dalam laporan tertulis LPS, beberapa waktu lalu.

Lembaga memandang suku bunga penjaminan tersebut masih sejalan dengan perkembangan suku bunga bank acuan yang diberikan oleh perbankan.

Suku bunga simpanan juga masih berada dalam proses penyesuaian terhadap kenaikan tingkat bunga kebijakan moneter. Mengamati kondisi pasar keuangan dan stabilitas sistem keuangan, LPS mengaku akan terus memonitor pergerakan bunga simpanan perbankan dan terbuka untuk melakukan penyesuaian.

Sesuai ketentuan LPS, jika bunga simpanan yang dijanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi bunga penjaminan, maka simpanan nasabah menjadi tak dijamin. Makanya, bank diharuskan untuk memberitahukan nasabah tentang bunga penjaminan simpanan yang berlaku. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

International Finance Corporation

IFC Investasi di Obligasi Hijau OCBC NISP US$150 juta

Satelit BRIsat

BRIsat Bikin BRI Makin Efisien