in , ,

Mendorong Peningkatan Penyaluran Kredit UMKM

Penyaluran Kredit UMKM

Penyaluran kredit UMKM perbankan hingga Juni 2018 mencapai Rp914 triliun, atau setara dengan 21% dari keseluruhan kredit perbankan. Jumlah tersebut secara agregat telah memenuhi kewajiban minimal penyaluran kredit ke segmen UMKM seperti yang diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 17/12/PBI/2015.

Berdasarkan kepemilikan, hanya kelompok bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang secara agregat telah memenuhi kewajiban minimal penyaluran kredit UMKM. Adapun hingga Juni bank pelat merah tersebut telah menyalurkan kredit UMKM sekitar Rp528 triliun atau 29% dari total penyaluran kreditnya. Nilai ini sekitar 58% dari total kredit UMKM perbankan.

Relatif tingginya NPL dan persyaratan pengajuan kredit menjadi kendala perbankan menyalurkan kredit UMKM. Dalam tiga tahun terakhir NPL kredit UMKM tercatat cukup tinggi di kisaran 4 – 4,7%, terutama dikontribusikan oleh segmen usaha kecil dan menengah.

Perbankan pun dinilai perlu lebih kreatif dalam menyalurkan kredit kepada UMKM. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melalui kolaborasi perbankan dengan perusahaan financial technology (fintech dalam mendistribusikan pinjaman kepada pelaku UMKM (chanelling).

Data OJK menunjukkan hingga Mei tahun ini jumlah peminjam yang difasilitasi oleh perusahaan lending tekfin meningkat 6 kali lipat dibandingkan akhir tahun lalu (ytd) menjadi 1,85 juta peminjam dengan nilai pinjaman yang meningkat 111% menjadi IDR 5,4 triliun.

Peminjam di segmen UMKM ini dapat memperoleh pinjaman yang berasal dari bank melalui perusahaan tekfin. Selain mendapatkan basis nasabah yang lebih luas, potensi kredit macet pun menjadi lebih rendah karena penerima pinjaman telah melewati proses seleksi dari perusahaan tekfin. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RAPBN 2019

RAPBN 2019 Disepakati, Pemerintah Diminta Waspada Ketidakpastian Ekonomi Global

digitalisasi BNI

Digitalisasi BNI Diakui The Asian Banker