in

Modal IFG Dari Negara Cair Rp20 Triliun!

Modal IFG

WARTABANK.COM, Jakarta – Modal IFG atau Indonesia Financial Group resmi disalurkan oleh Pemerintah RI melalui suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Total dana PMN yang disalurkan untuk modal IFG ini mencapai Rp20 triliun yang selanjutnya akan digunakan untuk memperkuat modal anak usahanya, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

IFG yang merupakan Holding BUMN Perasuransian dan Pembiayaan ini telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pda 4 November lalu terkait masuknya PMN ini.

Masuknya PMN ini akan dialihkan untuk penambahan modal IFG Life untuk upaya pengalihan atau migrasi polis Asuransi Jiwasraya yang selama ini bermasalah.

“Dengan masuknya penyertaan modal IFG ini, kita akan fokus pada penggunaan dana tersebut agar bisa beroperasi secara penuh,” kata Direktur Utama Indonesia Financial Group Robertus Billitea, dalam siaran persnya, Kamis (25/11/2021).

Robertus menjelaskan, suntikan modal negara ini akan digunakan pada instrumen investasi dengan tingkat risiko yang rendah.

Di antaranya deposito pada bank yang kondisinya sehat, Surat Berharga Negara (SBN) maupun obligasi di korporasi dengan rating yang baik.

Pihak perusahaan juga akan menerapkan tata kelola investasi yang baik dengan memperhatikan prinsip LDI strategy dan profil risiko yang terukur.

Sejalan dengan telah diterimanya dana PMN, selanjutnya Holding BUMN perasuransian dan pembiayaan ini akan melakukan penggalangan dana dengan underlying dividen anak perusahaan selama 5 tahun ke depan Rp6,7 triliun.

Robertus optimis dengan kepercayaan dan dukungan kuat dari pemerintah, maka pihak perbankan juga akan lebih percaya untuk memberikan dananya kepada IFG.
Penyertaan Modal IFG

Penyertaan Modal Negara ini sesuai dengan arahan pemerintah kepada IFG yang mendapat tugas merestrukturisasi polis Asuransi Jiwasraya yang nilainya mencapai Rp26 triliun.

Selanjutnya, IFG Life akan memulai proses transfer polis nasabah Jiwasraya, dan saat ini prosesnya masih terus dikoordinasikan untuk penyelesaian tahap verifikasi dan validasi.

Plt Corporate Secretary IFG Life, Fadian Dwiantara menyampaikan, verifikasi dan validasi dilakukan bagi pemegang polis yang sudah setuju untuk restrukturisasi.

Fadian menjelaskan, dibentuknya IFG Life oleh pemerintah memang punya misis khusus sebagai perusahaan asuransi yang bertugas mengalihkan polis nasabah Jiwasraya yang bermasalah.

“Kami siap menjalankan amanat itu, tapi proses pengalihan ini akan memerlukan waktu beberapa lama, jadi kami meminta agar nasabah bersabar,” kata Fadian.

Fadian menyebut saat ini prosesnya masih dalam perizinan, dan ia pun memastikan proses transfer akan berjalan dengan sebaik-baiknya.

Ia pun menyebutkan jika semua prosesnya berjalan lancar, maka transfernya tidak akan lama lagi sudah bisa dimulai.

Sebelum ditransfer, pihaknya terlebih dahulu akan memberitahukan kepada para nasabah melalui berbagai platform komunikasi agar mereka mengetahui status dari polisnya. []

Written by Agus Dilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyaluran KUR

Penyaluran KUR Dipacu Capai Rp244 Triliun!

Pinjaman bunga rendah

Pinjaman Bunga Rendah dari Bank Mandiri, Ada Lima Jenis Kredit