in ,

Modal Usaha PMI Dari BNI Hingga Rp500 Juta per Orang!

Modal usaha PMI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Modal usaha PMI atau Pekerja Migran Indonesia disiapkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Bank pelat merah ini menyiapkan modal usaha PMI yang sudah purna hingga Rp500 juta per orang.

Bantuan permodalan ini dikhususkan untuk PMI purna perempuan sebagai upaya untuk memberdayakan kaum wanita di masa pandemi covid-19.

Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati mengatakan BNI ingin memberikan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para PMI wanita yang sudah purna.

Adapun besaran pinjaman Super Mikro dari BNI mencapai Rp10 juta, sedangkan Mikro Rp10 hingga Rp50 juta, dan KUR Kecil antara Rp50 hingga Rp500 juta.

“Yang ingin mendapatkan modal ini dahulu harus mengikuti pelatihan dan pendampingan. Kemudian mereka yang baru merintis usaha bisa mengajukan pinjaman. Baik itu KUR Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil tanpa jaminan,” jelas Adi Sulistyowati dalam keterangan tertulis (5/7/2021).

Khusus bagi para purna PMI yang telah memiliki usaha lebih dari 6 bulan lamanya, mereka bisa mendapat modal usaha sampai Rp500 juta.

Untuk persyaratan pengajuan modal usaha PMI ini cukup mudah.

Calon peserta cukup membawa identitas diri dan melampirkan bukti pelatihan atau pendampingan serta izin usaha dari kelurahan.

Jika seluruh persyaratan sudah dipenuhi, dan identitasnya sesuai dalam pengecekan, pinjaman modal bisa langsung diproses.

Ia pun beharap, bantuan modal PMI ini bisa memajukan perempuan Indonesia,terutama mereka yang sudah purna dari PMI.

“Modal usaha PMI ini adalah support system dari kami bagi sesama perempuan Indonesia agar tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Modal Usaha PMI Buka Lapangan Kerja Baru

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan, selain jadi penyumbang devisa bagi negara, potensi PMI bisa membuka lapangan kerja baru.

Maka para purna PMI diminta untuk tetap semangat dalam membaca peluang usaha di masa pandemi.

“Dengan modal usaha ini akan membuka peluang bagi mereka. Saya berharap semua teman-teman PMI untuk bangkit di masa sulit ini,” ajaknya.

Hingga Mei 2021, tercatat BNI telah menyalurkan bantuan modal usaha PMI sebesar Rp12,77 miliar.

Total penyaluran untuk PMI di Hong Kong sebesar Rp3,89 Miliar atau 30 persen dari total dana yang disiapkan.

Tak hanya membuka usaha, BNI juga mendorong para purna PMI untuk menjadi Agen46, dan dapat memberikan tambahan penghasilan bagi mereka.

Untuk Pekerja Migran yang masih aktif, bank yang tergabung di Himbara ini juga mendorong mereka menjadi Agen Digital BNI guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) jumlah penempatan PMI mecapai 113 ribu orang.

Dari total PMI ini, didominasi kaum perempuan sebanyak 90 ribu orang, sementara laki-laki hanya sekitar 22 ribu orang. []

Written by Agus Dilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aplikasi Blu

Aplikasi Blu! Andalan Digitalnya BCA

PPKM Darurat

PPKM Darurat! Bank BTN Optimistis Kinerja Terjaga