in ,

Momen Idul Fitri, Penarikan Uang Tunai Capai Rp154,5 Triliun

Momen Idul Fitri

WARTABANK.COM, Jakarta – Momen Idul Fitri menjadi momen dimana pergerakan ekonomi tumbuh dengan cepat karena konsumsi masyarakat yang tinggi pada momen tersebut.

Pada momen Idul Fitri tahun 2021 Bank Indonesia (BI) mencatat adanya penarikan uang tunai yang terjadi pada perbankan nasional dengan jumlah yang mencapai Rp154,5 triliun.

Dimana jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 41,5% dibandingkan penarikan uang tunai momen Idul Fitri tahun tahun 2020 yang hanya mencapai Rp109,2 triliun.

Menurut Kepala Departemen Pengelolaan Rupiah BI Marslison Hakim, BI semula memproyeksikan penarikan tunai pada momen Idul Fitri tahun ini mencapai Rp152,14 triliun.

Lebih lanjut Marslison mengatakan bahwa penarikan uang tunai pada wilayah Jabodebek, mencapai Rp34,8 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 61 persen apabila dibandingkan penarikan uang pada lebaran tahun lalu yaitu Rp21,7 triliun,

Kami sudah perkirakan permintaan uang kartal pada momen idul fitri tahun ini akan cukup tinggi, hal ini seiring dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat serta mulai tingginya mobiltas masyarakat,” ujar Marlison dalam keterangan resminya (17/05).

Selain itu, lanjut Marlison, tingginya permintaan uang kartal pada momen lebaran tahun ini juga bertepatan dengan pembayaran bantuan sosial tunai dari pemerintah.

Selain itu, pembatasan mudaik pada momen idul fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu dimana pada tahun lalu pembatasan dilakukan dalam skala besar.

“Aturan tersebut juga mempengaruhi permintaan uang kartal pada momen lebaran pada tahun ini,” tutup Marlison. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agen BRILink

Agen BRILink Berhasil Himpun Dana Rp13,2 Triliun

Kinerja Bank Sulselbar

Kinerja Bank Sulselbar 2021 Optimis Capai Target