Moody’s: Risiko Perbankan Indonesia Semakin Membaik

oleh

Berdasarkan dokumen Lembaga pemeringkat Moody’s Investors Service (Moody’s), risiko perbankan Indonesia semakin mengalami perbaikan. Perbaikan tersebut tercermin dari rating yang dianugrahi pada banking country risk score.

Adapun banking country risk score Indonesia sebelumny berada pada level Moderate+, namun dengan adanya pertimbangan sehingga rating tersebut membaik menjadi strong+.

Profil risiko makro ekonomi di Indonesia yang terus mengalami perbaikan menjadi salah satu pertimbangan lembaga tersebut dalam menempatkan rating Indonesia saat ini. Selain itu pada riset Moody’s juga telah ditetapkan bahwa adanya perbaikan harga komoditas akan mendorong bisnis serta pertumbuhan kualitas aset perbankan.

Moody’s saat ini mencatat pertumbuhan kredit bermasalah perbankan juga mengalami penurunan yang sangat baik dan hal ini juga diikiuti oleh pertumbuhan kredit perbankan yang tumbuh.

Secara umum membaiknya rating risiko perbankan tersebut menggambarkan pandangan Moody’s bahwa naik dan turunnya risiko sektor perbankan telah mereda.

Dari sisi aset, Moody’s juga mencatat adanya perbaikan pada kualitas aset perbankan serta membaiknya profitabilitas, sehingga diprediksi masih akan terdapat kenaikan baseline credit assessments. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *