in , ,

Nasabah Pensiun Jadi Incaran BPD

Nasabah pensiun

Nasabah pensiun kini mulai rama menjadi incaran Bank Pembangunan Daerah (BPD). Adapun hal itu dilakukan BPD karena seiring dengan strategi perbankan dalam menggarap pasar pembayaran gaji atau payroll Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah.

Sebut saja salah satunya Bank Jatim yang tahun ini mulai mendongkrak kredit pada sektor ini karena sebelumnya telah melakukan sinergi dengan PT Taspen (Persero), khususnya kerjasama terkait flagging.

Direktur Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan kerjasama antara Bank Jatim dengan PT Taspen menjadi salah satu upaya Bank Jatim mendongkrak pendapatan pad sektor kredit pensiunan.

“Kerjasama dengan PT Taspen terkait penyaluran payroll pensiunan bagi pensiun di Bank Jatim,” ujarnya.

Sampai dengan akhir tahun 2018 lalu, Bank Jatim telah menghimpun sebanyak 48.000 nasabah pensiun dengan dana yang dikelola mencapai Rp149 miliar.

Selain dengan Taspen, Bank Jantim, imbuih Ferdian, juga bersinergi dengan PT Asabri (Persero) untuk melakukan langkah akuisisi debitur pensiunan,” ujarnya.

Adapun kerjasama tersebut mengatur waktu dalam pembayaran pensiun, pelaporan, penerimaan, pertanggungjawaban, pemanfaatan teknologi serta pelayanan kepada penerima pensiun. Melalui kerjasama ini pula, perseroan menargetkan bisa memiliki nasabah pensiun mencapai 206.000 orang.

“Untuk kredit payroll ASN sudah mencapai kurang lebih 90% melalui kami, sementara NPL gross hingga pada Januari 2019 saja masih kecil, sebesar 0,27%,” paparnya.

Strategi serupa juga turut dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. Perseroan juga turut bekerjasama dengan Taspen mengurusi nasabah pensiunan.

Menurut Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa, saat ini kerjasama Bank Banten dengan Taspen adalah dalam bentuk pembayaran Tunjangan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian melalui rekening di Bank Banten.

Sementara hingga Januari 2019, Fahmi menyebut Bank Banten telah memiliki 720 nasabah pensiun dengan jumlah dana yang dikelola mencapai Rp2,2 miliar. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uang Elektronik LinkAja

Uang Elektronik LinkAja Masih Tunggu Izin BI

Layanan QR Code

Layanan QR Code Juga Diinginkan Bank Daerah