Net Interest Margin Optimis Capai Target Hingga Akhir Tahun

oleh
Net Interest Margin

Net Interest Margin (NIM) atau margin bunga bersih perbankan pada awal semester II 2019 diramalkan akan naik. Ramalan tersebut dianggap wajar karena pada bulan Mei 2019 lalu sinyal pergerakan suku bunga sudah terjadi.

Bank Indonesia atau BI pun mencatat bahwa suku bunga kredit turun menjadi 6 basis poin (bps) pada bulan Mei 2019 yang kemudian disusul oleh penurunan bunga simpanan secara month on month (mom).

Kenaikan Net Interest Margin yang Signifikan

Mahelan Prabantarikso selaku Direktur Kepatuhan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), mengatakan bahwa per Juni 2019, Net Interest Margin perseroan sudah meningkat menjadi 3,53 persen.

Menurut Mahelan posisi tersebut sudah naik dari posisi bulan sebelumnya yakni sebesar 3,41 persen. Tetapi bila dibandingkan dengan kuartal II 2018 lalu yakni sebesar 4,17 persen, posisi tersebut masih dianggap lebih rendah.

Bank dengan sandi saham BBTN dan anggota indeks Kompas100 tersebut juga menargetkan pada akhir tahun 2019 Net Interest Margin perseroan dapat menembus 3,8 persen. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan melakukan beberapa perubahan, terutama pada efisiensi atas beban bunga.

“Kami akan rekomposisi deposito berbiaya mahal serta meningkatkan average balance tabungan segmen mass,” ujar Mahelan, Jumat (12/7).

Pastinya dengan meningkatkan akuisisi nasabah pada segmen emerging affluent and affluent melalui kelengkapan fitur digital banking.

Ferdian Satyagraha selaku Direktur Keuangan PT BPD Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) juga berpendapat sama, ia menyebut kalau per Mei 2019 Net Interest Margin mulai terangkat naik menjadi 6,56 persen dari posisi tahun sebelumnya yakni sebesar 6,45 persen. Bila dibandingkan dengan kuartal I 2019 posisi tersebut naik tipis dari posisi 6,52 persen.

“Sejauh ini NIM cenderung stabil. Bisa naik, dengan adanya potensi penurunan dana di Juli-Agustus dibarengi promosi,” jelas Ferdian.

Meskipun tidak dirinci secara mendetail, pada bulan Mei 2019 pendapatan bunga Bank Jatim sudah naik menjadi Rp 2 triliun dari akhir Maret 2019 sebesar Rp 1,17 triliun.

Meskipun memiliki potensi akan naik, Bank Jatim hanya menargetkan Net Interest Margin di atas 6,5 persen sampai dengan akhir tahun atau konservatif. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *