in , ,

OJK Kaji Aturan Single Presence Policy

Single presence policy

Single presence policy atau aturan kepemilikan tunggal akan terus dikaji oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyusul maraknya bank-bank yang melakukan konsolidasi di tahun ini. Sebut saja PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang belakangan ini menyita perhatian OJK terkait rencana untuk mengakuisisi dua bank kecil.

Terkait rencana BCA tersebut pun, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana menyebut jika pihaknya tengah mempertimbangkan keinginan diskresi BCA agar tidak perlu melakukan merger setelah proses akusisi dua bank tersebut selesai.

Oleh karena itu, OJK akan meninjau aturan kepemilikan tunggal tersebut. Karena, lanjut Heru, dengan demikian akan tercipta manfaat secara ekonomi serta sinergi yang lebih baik terhadap bank-bank kecil.

“Jika dipaksakan untuk merger tantunya tidak ada sinerginya bagi bank kecil. Bank besar caplok bank kecil kemudian merger jelas tidak terlihat manfaat ekonominya. Kami terus kaji agar bank-bank kecil bisa bermanfaat secara ekonomi,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Heru, adanya konsolidasi antara bank kecil di bawah control bank besar jauh lebih baik karena bank induk bisa menmabah modal apabila dibutuhkan oleh anak usahanya.

“Untuk BCA akan terus kami tinjau aturannya. Bisa lebih baik jika dijadikan bank khusus UMKM atau digital dalam lingkup konsolidasi. Bukan hanya itu, bila melakukan konsolidasi maka anak usaha bank tersebut akan lebih sehat dari sisi likuiditas lantaran dapat ditopang oleh induk,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa aturan mengenai kepemilikan tunggal memang tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 39/POJK.03/2017 tentang Kepemilikan Tunggal Pada Perbankan Indonesia. Aturan ini menegaskan bahwa setiap pihak hanya dapat menjadi pemegang saham pengendali pada 1 (satu) bank. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kredit Maybank Indonesia

Kredit Maybank Indonesia Ditargetkan Tumbuh 11 Persen

KREDIT KONSUMER

KREDIT KONSUMER BAKAL MELESAT DI 2019