OJK: Tahun ini Kredit Masih Bisa Tumbuh 10-12%

oleh

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang naik dua kali dalam kurun waktu yang berdekatan tidak membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memupuskan optimisnya dalam menatap pertumbuhan kredit perbankan tahun ini yang ditargetkan tumbuh 10-12%. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

“Dampak kenaikan BI 7DRR saya rasa bukan menjadi persoalan! Kami masih optimis menatap target pertumbuhan kredit perbankan mencapai 10-12%,” ujarnya.

Sebelumnmya, seperti diketahui bahwa pada akhir Mei silam, BI telah menaikan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin menjadi 4,75%. Dampkanya kondisi itu mendorong bunga kredit perbankan ikut naik dan menjadi baban bagi debitur.,

Lebih lanjut Wimboh mengatakan bahwa suku bunga tidak harus menjadi faktor pertumbuhan kredit perbankan. Walaupun pada kenyataannya pebisnis tentunya lebih menyukai bunga yang murah.

“Para nasabah tentunya sudah mengantisipasi adanya kenaikan suku bunga acuan yang diterbitkan oleh Bank Sentral,” papar Wimboh.

Dari sisi OJK, Wimboh mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa mendorong perbankan agar lebih efisien dalam menjalankan bisnisnya, antra lain dengan melakukan pendekatan pada produk yang business processnya berbasis pada teknologi.

“Tidak lagi dengan cara konvensional, artinya dengan memanfaatkan teknologi perbankan bisa dapat fee yang banyak sehingga adanya kenaikan suku bunga acuan tidak membebankan nasabah,” tutup Wimboh. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *