in , ,

Payung Hukum Fintech: OJK Terbitkan Aturan Inovasi Keuangan Digital

Keuangan Digital

Inovasi keuangan digital saat ini terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk memberikan pengawasan layanan keuangan digital pada sektor jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Peraturan OJK No. 13/POJK.02/2018. Aturan ini disebut-sebut merupakan ketentuan yang memayungi pengawasan dan pengaturan industri financial technology (fintech).

Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan beleid itu diterbitkan mengingat cepatnya kemajuan teknologi di industri keuangan digital yang tidak dapat diabaikan dan perlu dikelola agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

Menurut dia, inovasi keuangan digital perlu diarahkan agar menghasilkan inovasi  yang bertanggungjawab, aman, mengedepankan perlindungan konsumen dan memiliki risiko yang terkelola dengan baik.

“Peraturan ini juga dikeluarkan sebagai upaya mendukung pelayanan jasa keuangan yang inovatif, cepat, murah, mudah, dan luas serta meningkatkan inklusi keuangan, investasi, pembiayaan serta layanan jasa keuangan lainnya,” paparnya dalam keterangan tertulis.

Salah satu pokok pengaturan Inovasi Keuangan Digital (IKD) ialah mekanisme pencatatan dan pendaftaran Fintech setiap penyelenggara IKD, baik perusahaan Startup maupun Lembaga Jasa Keuangan (LJK) akan melalui 3 tahap proses sebelum mengajukan permohonan perizinan.

Pertama, pencatatan kepada OJK untuk perusahaan Startup/non-LJK. Permohonan pencatatan secara otomatis termasuk permohonan pengujian Regulatory Sandbox. Sedangkan untuk LJK, permohonan Sandbox diajukan kepada pengawas masing-masing bidang (Perbankan, Pasar Modal, IKNB).

Kedua, Proses Regulatory Sandbox berjangka waktu paling lama satu tahun dan dapat diperpanjang selama 6 bulan bila diperlukan. Ketiga, Pendaftaran dan perizinan kepada OJK.

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini Wajar Tanpa Pengecualian

OJK Dapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK

Line Corporation

Upaya Line Corporation Perluas Bisnis Mata Uang Cryptocurrency