in ,

Pefindo Sematkan Peringkat idAA untuk BRI Insurance

Pefindo

WARTABANK.COM, Jakarta – Pefindo / PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat idAA kepada dengan prospek stabil kepada BRI Insurance PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS).

Seperti diketahui bahwa perusahaan berperingkat idAA dianggap sangat kuat dari sisi keuangan apabila dibandingkan dengan perusahaan lain, dan memiliki perbedaan yang lebih sedikit dari perusahaan dengan peringkat yang lebih tinggi.

Dalam keterangan resminya, Pefindo menyebut BRI Insurance memiliki struktur permodalan dan profil likuiditas yang sangat kuat, serta memiliki profil investasi yang konservatif.

Namun demikian, peringkat ini dibatasi oleh kompetisi ketat pada industri asuransi umum.

Peringkat tersebut dapat naik apabila BRI memberikan dukungan lebih tinggi dari peningkatan kontribusi perusahaan yang konsisten terhadap induk.

Sebaliknya, peringkat dapat turun apabila ada dukungan dari induk dalam jumlah kepemilikan dan kepentingan perusahaan secara substansial karena indikator permodalan maupun kinerja operasional.

Pefindo memiliki proyeksi jika BRI Insurance mampu mengelola dampak pandemic Covid-19. Hal ini lantaran keunggulan kompetitif yang kuat dengan BRI sebagai perusahaan induk, dapat menyediakan bisnis captive di tengah peningkatan risiko, serta dukungan permodalan serta cadangan yang kuat.

Hal ini didukung juga dengan besarnya jumlah aset likuid dalam bentuk deposito serta surat berharga, rasio RBC yang tinggi sebesar 365,3 persen per 31 Maret 2021 serta pengawasan yang ketat terhadap kualitas piutang.

BRI Insurance juga memiliki integrasi infrastruktur teknologi yang kuat dalam mendukung layanan digitalisasi.

Hal ini tentu menjadi jawaban atas kekhawatiran adanya potensi gangguan selama periode pembatasan sosial. []

Written by Eko Prasetyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerugian Ekonomi

Kerugian Ekonomi Dampak Covid-19 Capai Rp1.356 Triliun

Pinjaman online ilegal

Pinjaman Online Ilegal Marak, BUMN Ultra Mikro Jadi Solusi!