in ,

Pelatihan Karyawan Jadi Solusi Antisipasi PHK

Pelatihan Karyawan

Pelatihan Karyawan tersebut ditujukan sebagai antisipasi Pemutusan hubungan kerja. PHK terhadap karyawan perbankan tidak dapat dihindari, hal ini merupakan dampak perubahan revolusi industri 4.0

Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan menuturkan data pada periode 2015 hingga 2018. Tercatat jumlah karyawan yang terkena PHK telah mencapai 64.000 orang dari 29 bank. 10 hingga 15 persen di antaranya merupakan karyawan dari daerah Jawa Timur.

Ketua Pusat Studi Ketenagakerjaan dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Asri Wijayanti, memperkirakan PHK oleh perbankan tidak tepat bila disebut sebagai upaya efisiensi. Namun diakui memang menjadi akibat dari perubahan zaman. Oleh karena itu, perbankan perlu memfasilitasi pelatihan karyawan sebelum melakukan PHK.

Baca Juga: Syarat KUR BRI, Sangat Mudah!

“Pengusaha harus memfasilitasi dengan (cara) mengalokasikan sebagian dana untuk melatih orang-orang yang sekiranya terancam PHK dan mutasi ini. (Fasilitas Pelatihan Karyawan) Ini adalah tanggung jawab pemberi kerja untuk berterima kasih kepada pekerjanya,” tutur Asri. Ketika ditemui seusai diskusi publik Tsunami PHK di Sektor Perbankan, di Surabaya, Jatim.

Di sisi lain, para pekerja juga harus meningkatkan kemampuan digital sebagai modal teknologi dalam pengembangan usaha selanjutnya. Yang dapat dipelajari lebih lanjut dalam Fasilitas Pelatihan Karyawan. Sedangkan peran pemerintah ialah melahirkan kepedulian terhadap anak bangsa melalui sebuah regulasi.

“Misalnya, alokasi Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Ada (salah satu) fungsi Serikat Pekerja yang berusaha mengikutkan kepemilikan saham pekerja dalam perusahaan. Ini bisa jadi wujud pengalihan modal saham tadi untuk ruang usaha baru bagi mereka yang (akan) di-PHK,” jelas Asri.

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan tokenization

Layanan Tokenization: Bisa Gandeng E-Commerce

Citibank Indonesia

Citibank Indonesia Raih Laba Rp2 Triliun