Pemegang Saham Menyetujui IPO Bank Sumut

oleh
Pemegang saham

Pemegang saham Bank Sumut menyetujui rencana untuk masuk Bursa Saham Indonesia. Salah satu bank daerah ini memang menargetkan masuk bursa saham di tahun 2019.

Pemegang saham Bank Sumut menyetujui hal di atas pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, sebentar lagi Anda akan menjual saham perdananya atau Intel Public Offering di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Namun, berapa nilai saham yang akan dijual masih disikusikan oleh komisaris dan direksi Bank Sumut.

Rencananya, pemegang saham menyetujui bahwa saham IPO yang akan digulirkan di BEI sekitar 20 persen sampai 40 persen dari modal disetor. Sementara modal yang disetor atau modal dasar Bank Sumut juga disetujui untuk ditingkatkan dari Rp2 triliun menjadi Rp5 triliun. RUPSLB yang menyetujui pertambahan modal dasar tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dirincikan rencana penjualan saham Bank Sumut, menjadi 400 juta saham atau senilai Rp4 triliun diprioritaskan untuk dimiliki pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan atau pemerintah kota. Saham ini termasuk saham seri A.

Di lain pihak, pemegang saham dalam rapat menyetujui peluncuran saham seri B sejumlah 100 juta saham dengan nilai Rp1 triliun kepada masyarakat umum.

Jadi, meski komisaris dan direksi Bank Sumut masih berdiskusi, diperkirakan Bank Sumut akan melepas saham sekitar Rp200 miliar sampai Rp400 miliar. Pelepasan saham yang disetujui oleh pemegang saham berarti meningkatkan modal dasar sesuai target Bank Sumut.

Selain keputusan pemegang saham tentang rencana Bank Sumut untuk masuk bursa saham, terjadi perubahan pula pada Anggaran Dasar Perusahaan. Hal ini disesuaikan dengan rencana IPO. Perusahaan yang sebelumnya adalah perseroan tertutup, kini menjadi perseroan terbuka.

Perubahan Anggaran Dasar yang telah disetujui tersebut penting karena untuk masuk Bursa Efek Indonesia, perusahaan harus menjadi perusahaan publik. Perusahaan yang terbuka untuk semua transaksi dan perhitungan laba dan rugi. Dengan demikian, kelak akan ada pemegang saham mayoritas dan minoritas dalam perusahaan perseroan Bank Sumut. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *