in , , ,

Penyaluran KPR BRI Tumbuh, Milenial Mulai Mendominasi!

Penyaluran KPR BRI

WARTABANK.COM, Jakarta – Penyaluran KPR BRI untuk generasi muda atau kaum milenial semakin meningkat setiap tahunnya.

Bahkan bank BUMN ini mencatat penyaluran KPR BRI untuk nasabah milenial sudah mencapai 56 persen dari portofolio KPR.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyatakan, penyaluran KPR BRI untuk generasi muda memiliki prospek yang cerah.

Hal itu yang membuat perbankan di Indonesia terus berupaya menyasar segmen anak muda dengan berbagai produk keuangan.

“Kaum milenial menjadi penopang penyaluran kredit pemilikan rumah, dimana total nasabah milenial yang membeli KPR di BRI pada kuartal I tahun ini mencapai 56 persen,” jelas Aestika, pada Senin (25/4/2022).

Meski sedang mengalami peningkatan, pihak perseroan juga tetap melakukan mitigasi risiko penyaluran KPR BRI di segmen ini dengan menerapkan calon debitur harus penghasilan tetap.

Kemudian para nasabah juga diarahkan untuk membeli rumah dengan skema KPR pada developer perumahan yang telah menjalin kerjasama dengan BRI.

“Kami target penyaluran KPR BRI ke segmen milennial di tahun 2022 senilai Rp500 miliar bisa tercapai,” ujar Aestika.

Adapun pertumbuhan outstanding KPR BRI di kuarta I tahun ini meningkat 9,9 persen secara tahunan, dari Rp36,6 triliun menjadi Rp40,2 triliun.

Penyaluran ke sektor properti ini memberikan kontribusi hingga 26,5 persen dari total portofolio kredit konsumer BRI yang nilainya mencapai Rp149 triliun.

SKEMA FIX 10 TAHUN

Tak hanya di BRI, bank swasta CIMB Niaga juga berupaya meningkatkan penyaluran KPR bagi milenial dengan berbagai produk.

Di antaranya tenor waktu hingga 25 tahun yang digabung dengan skema pricing fix, lalu floating yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Direktur Bank CIMB Niaga, Noviady Wahyudi menyatakan, ada produk terbaru untuk penyaluran KPR, yaitu skema fix hingga 10 tahun.

Kemudian dilanjutkan dengan suku bunga, margin, ujrah floating mengikuti rate acuan yang pasti sehingga angsuran akan terasa lebih ringan.

Menurut masyarakat yang membeli rumah via KPR CIMB Niaga masih didominasi kaum milenial yaitu sebanyak 60 persen, dari kelahiran tahun 1981.

Terkait mitigasi kualitas kredit, pihak perusahaan tak mau sembarangan dan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Noviady Wahyudi berharap, penyaluran KPR di segmen ini bisa tetap terjaga di kisaran 60 persen dari total biaya Rp7 triliun sepanjang tahun 2022. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Komunitas OJOL

Gelar Safety Campaign Jasa Raharja gandeng Komunitas OJOL

Jasa Raharja Sulteng

Jasa Raharja Sulteng Dukung Keselamatan Berkendara, Serahkan Senter Polisi Dan Pita Kejut