in , ,

Penyaluran KUR Bank Mandiri Hampir Rp17 Triliun, Sektor Pertanian Paling Tinggi

Penyaluran KUR

WARTABANK.COM, Jakarta – Penyaluran KUR Bank Mandiri sepanjang tahun 2022 terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data terbaru dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) nilai Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan sudah mencapai Rp16,85 triliun per bulan Mei lalu.

Jika dibandingkan dengan penyaluran KUR Bank Mandiri di periode yang sama tahun lalu, terjadi peningkatan sebesar 7,5 persen.

Atas capaian ini, Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha optimis pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Ia menjelaskan, penyaluran KUR Bank Mandiri merupakan salah satu upaya perusahaan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama di sektor UMKM.

Rudi menyebut, dana KUR yang nilainya hampir 17 triliun itu tersalur kepada 156 ribu debitur UMKM di berbagai daerah.

“Ada pertumbuhan yang cukup besar hingga Mei lalu, dimana nilai KUR yang kita salurkan mencapai Rp16,85 triliun, sementara pada Mei 2021 sebesar Rp15,67 triliun. Kita harapkan peningkatan ini terus memacu bangkitnya usaha kecil dan menengah,” jelasnya Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, penyaluran KUR Bank Mandiri yang terus meelsat menjadi bukti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kini sudah berada di zona positif.

Hal ini juga terungkap dalam data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu angka pertumbuhan ekonomi di 3a bulan pertama 2022 mencapai 5 persen secara tahunan (yoy).

Adapun sektor dengan serapan KUR terbesar di periode ini masih didominasi sektor pertanian sebesar Rp 4,94 triliun atau 29,34 persen.

Di posisi kedua ada sektor Jasa Produksi yang menyerap dana KUR Mandiri hingga Rp3,31 triliun atau 19,68 persen.

“Untuk rincian per wilayah, wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang masuk Region XI menjadi daerah dengan pertumbuhan tertinggi, yaitu 21 persen secara tahunan. Jumlah penerimanya mencapai 5.576 debitur dengan serapan dana KUR Rp744,5 miliar,” jelasnya.

Rudi menambahkan, penyaluran KUR Bank Mandiri ini yang naik pesat selaras dengan komitmen Pemerintah yang ga meningkatkan dana alokasi KUR.

Sementara untuk subsidi bunga 3 persen juga tetap berlanjut hingga bulan Desember mendatang sehingga dapat meringankan cicilan debitur.

Adapun bank pelat merah ini tahun lalu mendapat plafon KUR sebesar Rp35 triliun, dan tahun ini meningkat menjadi Rp40 triliun.

Pihak perusahaan memastikan bahwa kredit dengan bunga rendah ini akan tetap difokuskan untuk sektor produktif unggulan di tiap wilayah.

“Dengan perekonomian masyarakat yang semakin bertumbuh kami harapkan KUR ini terus memberikan dampak positif pada berbagai sektor usaha unggulan,” tandasnya. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jasa Raharja

Jasa Raharja Hadiri Kegiatan Bhakti Sosial Hari Bhayangkara ke 76

Jasa Raharja

Jasa Raharja Serahkan Santunan Dalam Waktu 6 jam Setelah Terjadi kecelakaan