BCA dan Bank Mandiri Bidik Kredit Bagi Startup Melalui Modal Ventura

oleh

Sektor berbasis teknologi saat ini menjadi bidikan bagi perbankan dalam penyaluran kredit. Perusahaan startup atau rintisan yang kian menjamur saat ini menjadi salah satu yang diincar oleh perbankan.

Adapun perbankan menyalurkan pembiayaan kepada perusahaan rintisan tersebut melalui 2 metode yaitu secara langsung maupun melalui anak usaha. Motode terakhir merupakan metode pilihan utama bagi perbankan.

Sebut saja BCA dan Bank Mandiri yang telah memiliki anak usaha pada sektor modal ventura yang bertugas menjadi perpanjang tangan dalam memberikan kredit kepada perusahaan rintisan.

Adapun Bank Mandiri melakukan pembiayaan kepada perusahaan startup tersebut melalui Mandiri Capital. Direktur Utama Mandiri Capital, Eddie Danusaptro menyebut sampai dengan saat ini terdapat 8 perusahaan rintisan yang telah dibiayai oleh Mandiri Capital.

“Tahun ini akan ada 4 perusahaan rintisan baru yang akan kami investasikan dan ditargetkan rampung pada awal Kuartal III/2018. Dananya tidak kurang dari Rp50-Rp500 Miliar,” terangnya.

Sementara itu, BCA pun juga telah melakukan hal serupa dengan berencana memberikan suntikan kredit kepada perusahaan modal venturanya yaitu Central Capital Ventura sebesar Rp200 Miliar, dan akan diteruskan kepada perusahaan rintisan.

Sekretaris Perusahaan BCA, Jan Hendra mengatakan bahwa meskipun belum genap 1 tahun namun pihaknya sangat mendukung keberadaan perusahaan rintisan di era teknologi saat ini.

“Meskipun nilai kreditnya masih kecil, tetapi ke depannya kita akan tetap support semaksimal mungkin,” ujarnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *