Kuartal I/2018, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksikan Membaik

oleh
BI

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan perekonomian Indonesia pada kuartal I-2018 tumbuh lebih baik dari periode yang sama tahun lalu. Perbaikan ini didorong oleh investasi dan konsumsi pemerintah yang meningkat. Ekonomi kurtal I-2018 juga didorong oleh peningkatan investasi swasta yang berimbas pada peningkatan konsumsi sektor swasta.

Undang-undang yang berlaku saat ini mengatur pembatasan defisit anggaran maksimal 3% dari PDB. Diperkirakan defisit akan mencapai 2,6% pada 2018, lebih tinggi dari perkiraan pemerintah sebesar 2,2%. Oleh karena itu, kenaikan defisit diperkirakan akan didorong oleh potensi penerimaan pajak yang lebih rendah dari target.

Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2018, perekonomian Indonesia tetap diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,1-5,5%. BI melihat inflasi tahun ini masih akan terkendali, terlihat dari penurunan inflasi inti seiring dengan ekspektasi inflasi yang terjaga. Ke depan, BI memperkirakan inflasi tetap berada dalam kisaran sasaran inflasi 2018 sebesar 3,5±1%.

Di samping itu, terkendalinya inflasi juga bersumber dari volatile food yang menurun, meski terdapat tekanan dari harga beras. Inflasi administered prices diperkirakan meningkat terutama disebabkan oleh penyesuaian harga bensin nonsubsidi (pemium dan solar) dan tarif listrik PLN.

Sementara itu, tim riset ekonomi Bank Mandiri memperkirakan, inflasi ke depan tetap berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,6%, sementara pertumbuhan ekonomi 5,3%. Kami juga memperkirakan pertumbuhan kredit tahun ini akan sebesar 10-12%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit tahun lalu yang sebesar 8,2%. []

Tentang Penulis: wartabank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *