Pertumbuhan Kredit perbankan Diproyeksi Tumbuh 11,08 persen

oleh
pertumbuhan kredit

Berdasarkan riset yang dilakukan Maybank, sampai akhir tahun 2018 pertumbuhan kredit perbankan diproyeksikan akan mencapai 11,08 persen secara year on year.

Riset yang berudul Indonesia Banking Industry Update tersebut, mencatat pertumbuhan kredit yang diikuti dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai 8,49 persen.

Proyeksi tersebut sangat sejhalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional hingga akhir tahun 2018. Adapun proyeksi tersebut telah diperhitungkan adanya kenaikan suku bunga serta ralaksasi pada segmen property yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

Sebagai ilustrasi, sampai periode Agustus 2018 pertumbuhan kredit mencapai 12,1 persen (year on year). Hal tersebut diodorong oleh kenaikan harga komoditas serta sejumlah proyek infrastruktur pemerintah. Sampai periode tersebut juga tercatat rasio kredit bermaslaha (non performing loan / NPL) yang berada pada level 2,7 persen. Seiring dengan pertumbuhan kredit yang kencang maka peertumbuhan DPK sampai periode Agustus 2018 hanya berada pada level 6,9 persen (year on year).

DPK yang pertumbuhannya rendah tersebut terjadi lantaran bunga deposito bank yang tidak terlalu tinggi serta terjadinya dana asing yang keluar serta efek perlambatan ekonomi. Dengan pertumbuhan DPK lebih rendah dari kredit, rasio likuditas atau LDR bank sebesar 93,8 persen pada Agustus 2018.

Meskipun ada risiko likuditas, rasio permodalan bank cukup kuat di angka 22,8 persen sampai Agustus 2018. Hal ini lebih tinggi dari minimal rasio permodalan dari regulator sebesar 8 persen. Selain itu NIM juga cukup stabil di Agustus 2018 5,1 persen. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *