Pinjaman Online Jadi Inovasi Incaran Perbankan

oleh
Pinjaman online

Pinjaman online kini menjadi inovasi digital yang dibidik sejumlah bank besar. Hal ini menjadi jawaban bagi sejumlah perusahaan financial technology / fintech jika perbankan akan bermain disitu.

Sebut saja BNI yang membidik peluncuran fitur pinjaman online pada tahun ini. Melalui aplikasi mobile BNI Mobile Banking, BNI optimis akan meraih sukses pada layanan ini.

Menurut General Manager Product Management Division BNI Donny Bima, jika sebelumnya proses pinjaman KTA dilakukan di mesin ATM atau website kini BNI tengah proses melalui fitur online.

“Mulai pengajuan, scoring sampai pencairan kita akan full online digital,” ujarnya.

Namun demikian manfaat pinjaman online yang akan diluncurkan BNI nantinya masih terbatas kepada nasabah payroll BNI.

“Sementara secara umum, bisa memberikan plafon kredit hingga Rp 500 juta dengan tenor hingga 15 tahun,” tambah Donny.

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji, Bank Syaraih Mandiri Siapkan Platform Digital

Sementara itu BRI justru sudah siap dalam menawarkan pinjaman online. Melalui aplikasi pinjaman online yang bernama Pinang (Pinjam Tenang), BRI optimis mampu meraup keuntungan yang lebih banyak.

Berbeda dengan kedua bank tadi, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk justru sudah menawarkan pinjaman online melalui aplikasi Pinang (Pinjam Tenang). Pinang sendiri sebenarnya dirilis oleh anak usaha BRI, yaitu PT BRI Agro Tbk. Namun nasabah BRI dapat turut serta menikmati layanan ini.

“Saat ini Pinang baru bisa dimanfaatkan oleh nasabah payroll BRI, dan BRI Agro. Namun harapannya pada 2020 kami juga bisa menjangkau non-nasabah,” kata Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto sebagai anak usaha yang merilis aplikasi Pinang. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *