Program Kementerian PUPR Satu Juta Rumah Tercapai

oleh
Program Kementerian PUPR

WARTABANK.COM, JakartaProgram Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) satu juta satu rumah telah tercapai di akhir Oktober.

Tepatnya tercapai di per 28 Oktober 2019 lalu. Bahkan program tersebut telah tercapai hingga pembangunan sebanyak 1. 040.961 unit rumah di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, Sabtu (2/11/2019) mengucapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah karena angka satu juta unit ini sudah mencapai target,” kata Abdul Hamid.

Bahkan menurutnya, program tersebut telah melebihi angka satu juta unit. Sehingga capaiannya telah melebihi target yang ditentukan.

Menurutnya, pengembang melalui berbagai asosiasi pengembang perumahan dan perbankkan juga ikut andil dalam pembangunan rumah untuk masyarakat.

Ia juga mengatakan, bahwasannya, program Kementrian PUPR Satu Juta Rumah tersebut telah sukses melampaui target berkat adanya dukungan dari berbagai sektor.

Dalam hal ini kata dia, dukungan dari seluruh stakeholder bidang perumahan, khususnya dari sektor masyarakat dan sektor swasta masyarakat.

“Atas capaian Program Satu Juta ini menandakan hasil kerja sama dan saling bahu membahu antar stakeholder bidang perumahan,” ungkapnya.

Data Capaian Program Kementrian PUPR Satu Juta Rumah

Diketahui, berikut ini adalah data capaian program Kementrian PUPR atas program satu juta rumah.

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian PUPR, pembangunan yang telah dilaksanakan Kementeian PUPR berjumlah 189.809 unit.

Rinciannya terdiri dari rumah khusus sebanyak 195 unit. Lalu ada juga, rumah swadaya sebanyak 133.979 unit.

Selain itu, ada juga Dana Alokasi Khusus (DAK) Perumahan 55.635 unit.

Tak hanya itu saja, bahkan, Kementerian/Lembaga lain juga ikut berpatisipasi dan berperan dalam program membangun 37.582 unit rumah.

Di sektor pemerindah daerah (Pemda) juga demikian, tercatat telah berhasil membangun rumah sebanyak 27.558 unit rumah.

Hasil pembangunan rumah dari pemda tersebut rinciannya terdiri dari rumah susun sebanyak 384 unit.

Selain itu, untuk rumah swadaya berupa pembangunan rumah baru kurang lebihnya sebanyak 9.309 unit, dan untuk peningkatan kualitas rumah 17.865 unit.

Sedangkan untuk sektor pengembang perumahan telah berhasil membangun sebanyak 480.520 unit rumah.

Dukungan dari berbagai kalangan sektor swasta melalui corporate social responsibility (CSR) ini juga tercatat sebanyak 101 unit.

Bahkan, untuk masyarakat yang membangun rumah secara swadaya tercatat mencapai 6.582 unit.
Dengan demikian, untuk total capaian pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ini telah tercapai sebanyak 742.152 unit rumah.

Sementara itu, untuk pembangunan rumah untuk non-MBR tercatat sebanyak 298.809 unit rumah.

Jadi, untuk capaian pembangunan rumah sebagai program Kementrian PUPR atas satu juta rumah ini terdiri dari pengembang perumahan untuk rumah tapak 123.355 unit.

Selain itu, untuk rumah susun tercatat sebanyak 171.845 unit. Sementara itu untuk pembangunan rumah yang dilaksanakan masyarakat sendiri ada sebanyak 3.609 unit. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *