in ,

Proyeksi Kredit 2021, Bank Mandiri: “Bisa Capai 5 Persen”

Proyeksi kredit

WARTABANK.COM, Jakarta – Proyeksi kredit di tahun 2021 diproyeksikan akan semakin membaik meskipun masih dipenuhi dengan ketidakpastian akan perekonomian di tahun depan.

Dalam Econoc Outlook 2021, Bank Mandiri memiliki proyeksi kredit di tahun 2020 ini bisa dipertahankan dikisaran -1 persen hingga 0 persen membuat industri perbankan mengalami kemerosotan.

Menurut Direktur Direktur Treasury & International Banking Panji Irawan pertumbuhan kredit pada Desember sudah mulai membaik namun hingga November 2020 tren pertumbuhan secara industri masih terus kontraksi.

“Proyeksi kredit tahun ini kami proyeksikan masih berada di kisaran -1 persen hingga 0 persen. Untuk tahun 2021 baru akan tumbuh mencapai 5 persen,” ujarnya.

Bank Mandiri, sebut Panji, optimis pertumbuhan kredit industri perbankan tahun 2021 akan tumbuh mencapai 5 persen secara year on year (y-o-y).

“Tahun 2021 kredit kami akan ikut pasar, tentu sangat positif ekspektasinya bisa tumbuh sekitar 5 persen,” pungkas Panji.

Proyek kredit tahun depan, imbuh Panji, lebih didorong oleh kepercayaan pasar kepada kondisi ekonomi yang mulai membaik.

Utamanya bila efektifitas dan distribusi vaksin Covid-19 terjamin. Beberapa sektor jasa-jasa yang mengalami pertumbuhan pesat secara kuartalan pun turut mendorong optimisme penyaluran kredit. []

Agus Dilan

Written by Agus Dilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis BRI

Bisnis BRI Bakal Kinclong Tahun Depan!

Target kredit

Target Kredit 2021 Tumbuh 8-9 Persen, Dirut bank bjb: “Kami Optimis”