in ,

Proyeksi OJK, Tahun ini Kredit Perbankan Bisa Tumbuh

Proyeksi OJK

WARTABANK.COM, Jakarta – Proyeksi OJK / Otoritas Jasa Keuanganakan kredit perbankan diniai masih berpotensi memngalami pertumbuhan di tahun ini.

Meskipun perokonomian masih banyak yang memprediksi penuh dengan ketidakpastian, namun proyeksi OJK cukup optimis ekonomi perlahan akan pulih di tahun ini.

Ketua Dewan Komisoner OJK Wimboh Santoso mengtaan jika proyeksi OJK sangat sejalan dengan proyeksi dari sejumlah lembaga pemerintah.

BI dan sejumlah lembaga penting lain, sebut Wimboh juga memprediksikan jika di tahun ini kinerja pada sektor jasa keuangan akan menjadi lebih terang.

“Seperti kredit perbankan yang diprediksi akan tumbuh pada level 7,5 ±1 persen (yoy) sesuai dengan RBB / Rencana Bisnis Bank. Selain itu himpunan DPK / Dana Pihak Ketiga juga demikian akan tumbuh pada kisaran 11 ± 1 persen (yoy),” terang Wimboh.

Bagaimana dengan penghimpunan dana di pasar modal di tahun ini? Wimboh memproyeksikan akan kembali tumbuh pada kisaran Rp150 – Rp180 triliun seperti sebelum pandemi.

Hal ini didukung oleh ramainya penerbitan surat utang sebagai implikasi dari likuiditas global yang masih memadai dan berlanjutnya tren suku bunga rendah.

“Sama dengan proyeksi OJK terkait kredit perbankan. Piutang pada industri pembiayaan diperkirtakan akan tumbuh dengan baik tahun ini. Hal ini seiring dengan tumbuhnya konsumsi di masyarakat,” ujarnya. []

Gunadi Witjaksono

Written by Gunadi Witjaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kantor cabang

Kantor Cabang Banyak ditutup, Ini Alasan Perbankan

Restrukturisasi kredit perbankan

Restrukturisasi Kredit Perbankan, ini Catatan OJK!