in , ,

Punya Modal Lebih, Bank Mandiri Siap Akuisisi Bank

Akuisisi Bank

Bank Mandiri memiliki rencana untuk melakukan akuisisi bank di tahun 2019. Rencana tersebut merupakan upaya Bank Mandiri guna mendongkrak pertumbuhan dari sisi anorganik.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas membenarkan jika perseroan akan mengambil langkah akuisisi di tahun 2019. Namun ia enggan merinci bank mana yang ditargetkan akan diakuisisi.

“Ada rencana akuisisi bank di tahun 2019. Untuk nama dan berapa nilainya belum bisa dijelaskan lebih rinci,” ujarnya.

Yang jelas, alokasi dana akuisisi masih cukup besar mengingat rasio kecukupan modal (CAR) Bank Mandiri sampai kuartal III 2018 mencapai sebesar 21,38%. Rasio CAR Bank Mandiri ini jauh lebih tinggi dibandingkan minimal CAR sesuai aturan basel III yaitu 13%-14%.

Sebagai gambaran, sampai November 2018 total aset Bank Mandiri secara konsolidasi sebesar Rp 1.030 triliun dengan penyaluran kredit Rp 685,1 triliun. Sedangkan laba bersih Bank Mandiri sampai November 2018 sebesar Rp 21,4 triliun.

Rrencana akuisisi Bank Mandiri ini bukan merupakan hal yang baru. Pada awal Desember 2018 ini, Kartika Wirjoatmodjo Direktur Utana Bank Mandiri mengatakan masih punya kelebihan modal Rp 30 triliun untuk akuisisi bank. Rencana akuisisi ini didasarkan pada kondisi perbankan saat ini dimana likuiditas yang ketat membuat bank kecil tidak bisa bersaing dan pemegang saham berpotensi melepas kepemilikan sahamnya. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UMKM bank bjb

Final Jawara UMKM bank bjb 2018

Kredit Maybank Indonesia

Kredit Maybank Indonesia Ditargetkan Tumbuh 11 Persen